Tag

, ,

Antara Tanaman Namnam dan Kepel

Ibu ngersakaken mirsani tuwuhan nam-nam?”, demikian Pak Di sahabat kebun menawari saya melihat tanaman yang juga disebut kopi anjing ini. Berbonus pula karena nam nam berdampingan dengan kepel, nah ini dia tampilan mereka berdua:

nam nam kepel berdampingan

nam nam (ki-ka) kepel berdampingan

Inilah sosok tanaman nam nam (Cynometra cauliflora) yang menarik itu, postingan ringan ini tidak akan membahas detail sehingga ditautkan dengan rujukannya. Saya lebih menikmati tampilan eksotisnya, buah menempel di batang, pucuk daun memerah, indahnya sebagai komponen taman seraya melestarikannya sebagai tanaman koleksi kebun.

Sosok tanaman nam nam, bagian pucuk ditempelkan karena aslinya jauh di atas

Sosok tanaman nam nam, bagian pucuk ditempelkan karena aslinya jauh di atas

Bunga tanaman nam nam berwarna lembut menempel di batang yang berkembang menjadi buah dengan permukaan bergelombang. Paduan bunga, buah dan tunas mudanya menyuguhkan pesona tersendiri.

Pesona namnam

Pesona namnam

Tanaman nam nam ini memiliki kemiripan penampilan dengan tanaman kepel, buahnya sama-sama menempel di batang, satu agak lonjong satunya membulat.

Namnam- Kepel buah menempel di batang

Namnam- Kepel (ki-ka) buah menempel di batang

Begitupun daunnya, dengan pucuk berwarna cerah

Namnam-kepel (ki-ka) pesona pucuk

Namnam-kepel (ki-ka) pesona pucuk

Tampilan di lapang sebagai elemen lansekap kebun, nuansa pucuk memerah ….

Nannam - Kepel pucuk memerah

Namnam – Kepel (ki-ka) pucuk memerah

Begitupun untuk bunganya, kemiripan pada letak dan perbedaan sangat pada kelopaknya

Namnam-kepel (ki-ka) bunga nan mungil

Namnam-kepel (ki-ka) bunga nan mungil

Sedangkan untuk tanaman kepel relatif lebih banyak dijumpai, karena kepel di kebun buahnya belum besar gambar dipadu dengan tanaman kepel yang dijumpai di GMKA. Keunikan dan keunggulan tanaman kepel  (Stelechocarpus burahol) rahasia kecantikan puteri keraton secara apik diulas di taman kaputren  lalang ungu melalui tanya apakah ini yang namanya kepel?

Pesona Kepel

Pesona Kepel

Barisan buah kepel yang memenuhi batang menjadi pemandangan yang indah, foto tanaman yang saya ambil di GMKA ini berada di areal rekreasi. Apresiasi luar biasa untuk pengelola taman yang mengintegrasikan tanaman langka sebagai elemen taman, pun kepada pengunjung yang tertib menikmati dengan cara memotret dan mengekang naluri ‘nggrathil‘ untuk memetiknya.

Kepel di Taman GMK Ambarawa

Kepel di Taman GMK Ambarawa

Parade tanaman nam nam dan kepel penyemarak kebun kehidupan. Semoga generasi yang akan datang tidak hanya menikmatinya dalam kisah dongeng eyangku …. Salam kebun