Tag

, ,

Mengasah Kemampuan Respon Terpimpin

Pembelajaran mencakup tiga domain/ranah yaitu ranah kognitif (aspek intelektual), ranah afektif (aspek perasaan dan emosi) serta ranah psikomotorik (aspek keterampilan motorik). Antar ketiga ranah saling berkaitan yang secara bernas dirumuskan oleh Ki Hajar Dewantara dalam Cipta – Rasa dan Karsa.

Untuk mengasah kemampuan dalam ranah ketrampilan (psikomotorik) dipilah kedalam tujuh jenjang kemampuan persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon tampak yang kompleks, penyesuaian dan tertinggi adalah penciptaan. Berkunjung ke bumi Makepung membuat saya berkelana pada pembelajaran tahap respon terpimpin dalam pengambilan gambar. Belajar dari undakan tangga Pura Rambut Siwi merasakan anak tangga berikut:

Persepsi (Perception): Penggunaan alat indera untuk menjadi pegangan dalam membantu gerakan. Pada ketrampilan pengambilan gambar tentunya alat indera yang dominan adalah indera penglihatan. Pada dasarnya teknologi kamera menjadi kepanjangan manusia untuk mengabadikan apa yang dilihat oleh indera mata.

Kesiapan (Set): Kesiapan fisik, mental, dan emosional untuk melakukan gerakan. Setiap gerakan merupakan wujud dari kesiapan, penghargaan terhadap apa yang dilihat akan menghasilkan gerakan yang apresiatif. Tidak terbayangkan gerakan yang didasari oleh rasa geram maupun kesemenaan terhadap obyek yang menjadi subyek dalam penggambaran.

Respon terpimpin (Guided Response): Tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang kompleks, termasuk di dalamnya imitasi dan gerakan coba-coba. Berbagai variasi dalam mengasah kepekaan respon terpimpin baik melalui pimpinan langsung maupun tidak langsung. [Untuk ke empat anak tangga berikutnya belum berani menapakinya …..]

Setelah menikmati keagungan Pura Rambut Siwi melalui  respon terpimpin dengan dampingan langsung Bli Putu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Blimbingsari yang unik dan menarik. Pembelajaran tetap berlangsung, berbekal guidance foto hasil bidikan sang guru, proses imitasi (peniruan) dan gerakan coba-cobapun dimulai.

Gerbang Desa Blimbingsari

Gerbang Desa Blimbingsari (Foto oleh Bli Putu, klik untuk menuju sumber gambar)

Bli Wayan menurunkan saya dari kendaraan, membidik gerbang desa sebuah obyek statis berukuran cukup besar di tengah alam suasana sore hari. Ooh bagian atap tergambar miring … Pengambilan gambar diulangi pada saat keluar desa keesokan harinya dari bus yang tetap melaju, kemiringan atap sedikit terkoreksi. Rahajeng rawuh-Rahayu memargi…..

Gerbang Desa Blimbingsari

Tutorial Respon Terpimpin: Gerbang Desa Blimbingsari

Ini dia bagian yang sulit dalam proses memahami dan mengasah kepekaan respon terpimpin. Obyek bangunan gereja yang dibidik dengan sangat apik oleh sang guru, keanggunan arsitektura Bali di tengah keasrian alam.

GKPB Blimbingsari

GKPB Blimbingsari Jemaat Pniel (Foto oleh Bli Putu, klik untuk menuju sumber gambar)

Pagi hari proses imitasi dan gerakan coba-coba dimulai dari sudut depan kiri obyek, mencoba menangkap obyek sebagai komponen kebesaran alam dengan Taman Nasional Bali Barat sebagai latar belakang di kejauhan. Foto ke 2 dan ke 3 diambil dari sudut depan kanan mencoba menirukan arah pengambilan oleh sang guru. Hasilnya …. mari dikesampingkan dulu, utamanya proses pembelajaran sedang berlangsung.

GKPB Blimbingsari Jemaat Pniel

Tutorial Respon Terpimpin: GKPB Blimbingsari Jemaat Pniel

Pembelajaran ini menunjukkan penguasaan respon terpimpin membutuhkan proses yang panjang dan usaha yang kuat. Ketekunan, jam terbang, passion yang total disamping peralatan yang menunjang sebagai sarana penguasaan kemampuan. Koq tidak malu menampilkan hasil gambar dengan capaian skala (-x/10) ini? Justru inilah saatnya memohon masukan dari sahabat untuk perbaikan.

Pada dasarnya paparan ini merupakan apresiasi atas capaian para sahabat yang menekuni maupun yang memiliki kemampuan di bidang klik dan jepret. Setiap gambar yang berbicara adalah maha karya hasil dialog dari kepiawaian pengintip lensa. Selamat terus berkarya para sahabat penyandang tustel dan selamat terus belajar bagi setiap pembelajar.

Iklan