Tag

, , ,

Pilah-pilih di Pusat Kerajinan Monel Desa Kriyan, Jepara

Pusat Kerajinan Monel Kriyan, Jepara

Pusat Kerajinan Monel Kriyan, Jepara

Menggalang kebersamaan melalui pergi bersama, keluarga kebun blok JT1 memilih tujuan Jepara. Layaknya keluarga gunung selalu ingin tahu ke mana aliran air gunung menuju. Setelah menikmati perjalanan selama sekitar 2 jam diiringi oleh karaokean penyanyi-penyanyi kebun sampailah kami ke tujuan pertama di Pusat Kerajinan Monel di Desa Kriyan, Jepara yang berada di jalur Kudus – Jepara.

Kabupaten Jepara mengandalkan sektor industri dan perdagangan sebagai sumber pendapatan daerah. Aneka kerajinan semisal rotan di Desa Teluk Wetan, tenun Troso, industri roti di Desa Bugo, perusahaan konveksi, monel dan utamanya adalah kerajinan mebel ukir. Beberapa desa pengrajin perhiasan monel tersebar di Kecamatan Kalinyamatan dan Pecangaan.

Pusat Kerajinan Monel (libur Idul Adha)

Pusat Kerajinan Monel (suasana sepi saat libur Idul Adha)

Berjajar puluhan toko penjual aneka perhiasan di sepanjang jalan, namun pada suasana liburan Iedul Adha hanya ada 2 toko yang buka yaitu Cahaya Indah dan Griya Monel. Segera peserta ‘jalan-jalan suka’ menyebar ke arah dua toko tersebut, ibu-ibu dan remaja putri sibuk memilih dari aneka model yang tersedia, beberapa bapak menemani keluarganya baik dalam memilih maupun bersiap menyelesaikan urusan di kasir. Adapula yang hanya senang menikmati suasana perburuan dan menjepretnya untuk materi postingan…..

Pembelanja dan penikmat perhiasan monel-titanium

Pembelanja dan penikmat perhiasan monel-titanium

Kedua toko yang buka semata-mata hanya menjual produk tanpa ruang produksi, untuk tujuan wisata pembelajaran bisa dipilih toko yang menyajikan proses dan produk. Kemilau monel tahan karat dibandrol dengan harga yang terjangkau, giwang mulai dari 15K, giwang titanium 25K, pasangan kalung beserta liontin titanium kurang dari 100K, aneka cincin mulai dari 25K. (Untuk menghindari salah tafsir, K disini menunjuk kilo atau ribu, 15K bermakna 15 ribu rupiah, bukan K untuk karat standar mutu perhiasan).

Aneka giwang

Aneka giwang di Pusat Kerajinan Monel

Ragam perhiasan monel

Ragam perhiasan monel

ragam perhiasan titanium

ragam perhiasan titanium

Ayoook dipilah, dipilih dan diputuskan untuk dibayar. Kurang dari 1 jam dari waktu yang diagihkan oleh pemandu wisata, rombongan sudah kembali memasuki bus dengan wajah ceria menggenggam aneka perhiasan monel dan titanium. Mari lanjut ke Museum dan Pantai………. 

Iklan