Tag

, , , , ,

Tour de CampusMerajut Nostalgia di Kampus Kuning

Gedung rektorat UI

Gedung rektorat UI

Saat tilik anak, ditawari mau diantar kemana? Saya memilih ke kampus UI Depok. Merajut nostalgia kunjungan lampau saat mbarep yang baru berusia beberapa bulan harus ditinggal tugas sejenak, emaknya berkesempatan mencicip suasana gedung rektorat yang masih baru nan megah. Kini giliran diantar mbarep berdua menikmati UI kembali. Macetnya jalan menuju kampus pun rinai hujan tak menghalangi semangat merajut nostalgia.

UI barometer pendidikan tinggi Nasional

UI barometer pendidikan tinggi Nasional

Memasuki kompleks UI disambut boulevard dengan barisan palem raja, mengingatkan suasana ‘UI’ yang lain di kota Malang, alias Universitas Ijen (Jl Ijen) dengan deretan palem raja yang khas. Kebiasaan menunda mencicip hidangan utama dengan ‘ngrikiti’ penyertanya, kamipun memutari kampus sejenak dengan fokus situ atau danau yang berfungsi sebagai resapan. Menyusuri danau Agathis, menghirup udara segar hembusan tumbuhan lebat yang membentuk lansekap hutan kota. Dari kejauhan terlihat jembatan Teksas yang melintas Danau Mahoni, hujan menderas menyimpan harap lain kali lebih mendekat ke danau Mahoni.

Danau Agathis UI

Danau Agathis UI

Melintas di pinggiran hutan kota UI yang memiliki sebutan Mahkota Hijau UI dengan tiga ekosistem utama yaitu vegetasi Wales Barat, Wales Timur serta tumbuhan asli Jakarta, mengundang minat semoga lain kali bisa menapakinya. Hutan kota yang ramah terbuka untuk kegiatan bersepeda melintasnya, hutan UI bike park.

using public transportation to reduce air pollution

Biskun: using public transportation to reduce air pollution

Untuk mengakses kampus yang sungguh luas tersedia bus kampus kuning cantik nyaman yang ngetop dengan sebutan biskun dengan tema using public transportation to reduce air pollution. [Bibir tersenyum saat melewati tempat parkir mobil kuning merenta yang kini tak beroperasi digantikan generasi penerusnya. Wujudnya mirip dengan ‘bus roti’ bus kampus zaman kami di kampus hijau]

Gedung rektorat dan science park

Gedung rektorat dan science park

Science Park

Science Park

Saatnya menikmati bagian yang sangat ingin saya tuju yaitu area gedung rektorat, danau Kenanga serta gedung perpustakaan (the crystal of knowledge) meski hanya menikmatinya dari luar. [Sungguh bersyukur semesta mendukung niat kami, sesaat hujan mereda dan kembali menderas saat kami meninggalkan plaza seputar danau] Kembali menatap megahnya gedung administrasi universitas….menyusuri pinggirnya ke arah science park.

Danau Kenanga UI

Danau Kenanga UI

Gedung Rektorat UI, balairung dan danau Kenanga

Gedung Rektorat UI, balairung dan danau Kenanga

Danau Kenanga, mengingatkan saya kepada tanaman bunga kenanga (Cananga odorata). Filosofi Jawa mengajarkan penempatan tumbuhan kenanga di depan rumah, kena-nga sebagai penolak bala ataupun pemikat rezeki. Apabila danau kenanga disematkan di kawasan depan dan pusat kegiatan kampus yaitu gedung rektorat, balairung maupun perpustakaan adakah juga menyerap falsafah ‘kenanga’? yang jelas keberadaan danau ini menambah keelokan kampus UI, kesejukan, kesatuan ekologis yang tertata.

Perpustakaan UI, gedungnya cakep sekali….. seperti tertanam dalam tanah….penasaran tata ruang di dalamnya. Sungguh amat beruntung teruna ‘jakun’ (jaket kuning) dengan fasilitas semegah ini. Bila terasa capai, di pinggir danau Kenanga juga tersedia warung kopi *SB*….

Gedung perpustakaan UI

Gedung perpustakaan UI

Danau dan warung kopi UI

Danau Kenanga dan ‘warung kopi’ UI

Bagi sahabat yang kehabisan ide menikmati keelokan alam, mari sesekali tour de campus dan kampus UI Depok salah satu pilihan yang sangat pantas dijajal. [terima kasih RyNi untuk kebersamaan merajut nostalgia, pun kiriman foto yang sebagian disajikan di postingan ini]

Iklan