Tag

, , , , , , , , ,

Bunga Musim Semi

Bunga Hyacinthus di Titise

Sebagai penyuka kebun tropika tentunya sangat girang berkenalan dengan bunga-bunga musim semi yang selama ini dikenali dari fotonya. Ini beberapa yang kami jumpai secara langsung

Bunga Poppy

Bunga Poppy

Terpikat dengan sebaran bunga merah menyala di tepian jalan akhirnya berjumpa bunga merah cantik ini di halaman hotel merunut namanya ooh inilah penampilan bunga poppy dari keluarga Papaveraceae. Kantong biji berbentuk unik dengan tangkai panjang.  [Perkenalan yang cukup dramatis karena selang beberapa waktu setelah memotretnya dari dekat koq pelupuk mata kanan terasa bengkak entah alergi polen atau ada serangga yang kenalan dengan pendatang, bersyukur membawa antihistamin sehingga bengkak berkurang]

Bunga poppy merah menyala

Bunga Daylilies atau Henerocallis

Daylilies alias Hemerocallis

Menjumpainya dalam kondisi berkuncup menguning muda di rest area, bersyukur pengelola taman mencanangkan papan namanya sehingga memenuhi rasa ingin tahu para pengintip kebun.

Bunga Narcissus

Bunga Narcissus-daffodil di Titise

Melihat awal di pintu masuk berputar  hotel di Swiss, semakin banyak berjumpa di danau Titise, Jerman dan menikmatinya di hamparan Taman Keukenhof. Bunga awal yang saya lihat berwarna kuning dan ternyata ada begitu banyak variannya yang kesemuanya sangat elok memikat. Banyak juga yang menyebutnya daffodil. Narcissus poeticus dengan latar putih dan warna cerah di tengah  maupun N jonguilla dengan warna keemasan. Para sahabat tentunya sangat mengenal mitos Narcissus dari Yunani dan predikat narsis bagi seseorang yang mengagumi dirinya secara berlebihan. Mencoba membawa umbinya dan ditanam oleh teruna kebun di daerah atas Kopeng, mampu tumbuh mari nantikan semoga mempersembahkan bunga warna-warninya.

Bunga Hyacinth

Bunga Hyacinthus ungu tua di Keukenhof

Alamak cantiknya, menyembul dari tengah rumpun daun mempersembahkan tangkai penuh bunga dari yang engkel hingga dobel dengan aneka warna mulai warna soft hingga ungu tua pekat pun berbau harum. [pengalaman dengan bunga poppy, saya tidak berani menghidu dari jarak yang sangat dekat, namun dari hamparan keharumannya tetap tercium lembut] Dibalik kecantikannya diperlukan perlakuan suhu rendah pada umbi dan pengaturan cahaya selama awal pertumbuhan. Mari simak kiat Jeng Nella menanam bunga hyacinth, sahabat yang bermukim di Jerman yang rajin berkebun di balkon beliau. Mau bertanam bunga hyacinth di daerah tropik? Bisa koq cukup banyak sahabat pecinta kebun yang membudidayakannya. Tampilan memikatnya tak berkurang mau ditanam solo soliter maupun dalam paduan entah sewarna maupun warna/warni.

Bunga Muscari

Bunga Muscari

Tampilannya cantik, terlihat kemiripan dengan kembang hyacinth sehingga disebut grape hyacinth, karena dompolan bunganya mirip anggur. Melihatnya dalam hamparan luas maupun kolaborasi mix di Taman Keukenhof

Fritillaria imperialis Aurora – Crown Imperial Fritillary

bunga Crown Imperial Fritillary

Salah satu tanaman yang impresif, menggoda mata sejak awal jumpa di danau Titise dengan sajian terbatas. Mahkota bunga berwarna menyolok warna-warni, awalnya saya melihat oranye terang, berikutnya melihat yang kuning disangga tangkai bungga yang kokoh menjulang. Tak cukup itu rumbai hijau seolah menaungi kecantikan karangan bunga cantik ini. Penanaman tumpangsari dengan jenis lain dengan ketinggian yang lebih rendah serta warna kelopak kontras semakin mencuatkan keanggunan si crown imperial fritilarry.

Bunga Ivory Bells

Bunga Ivory bells di Keukenhof

Tampil menggemaskan, menjulang dengan tangkai bunga penuh berwarna hijau sangat muda, inilah  Fritillaria persica ivory bells tak hanya warna terang terlihat warna purple yang cantik.

Bunga Tulip

Bunga Tulip di rumah kaca Keukenhof

Bunga asal Turki ini melekat dengan negara Belanda. Tumbuh subur di rumah kaca maupun di hamparan taman dengan varian warna, motif maupun ukuran yang sungguh luar biasa menandakan aktifnya kiprah pemulia sang breeder bunga Tulip. Secara khusus saya mengejar bunga ini dan mempersempahkan tulip katur Bapak. Bagi kami warga Jawa Tengah daerah terdekat melihat tulip tumbuh adalah di dataran tinggi Dieng. RT Singa sebelah berhasil menanamnya dalam hamparan luas dan merakitnya dalam paket wisata di Garden by the Bay urutan antara sakura mekar disambung bareng tulip meriah.

Inilah sebagian parade bunga yang mekar di awal musim semi. Sajian bunga musim semi jelang musim panas. Melihatnya membuat kita semua semakin bersyukur bahwa setiap tempat dan musim mempersembahkan keindahannya masing-masing. Parade bougenvile, flamboyan, warna-warni bunga kana/tasbih. mewanginya melati di daerah tropika menyuguhkan kecantikan yang khas pula. Semua bunga ikut bernyanyi..gembira hatiku…

Iklan