Tag

, ,

Main Dua Empat Yook…

Permainan dua empat

Permainan dua empat

Minggu lalu saya datang ke cangkruk kebun membawa kartu remi (playing card). “Lah kami diajak main kartu ya ….” Demikian celetuk teruna kebun.

Liburan Desember, keluarga berkumpul di Salatiga dan para keponakan aneka strata usia bermain kartu diantaranya permainan dua empat alias twenty for. Cara bermainnya dari kartu yang diacak dibuka empat lembar. Sebelumnya ada kesepakatan untuk nilai As, K, Q dan J. Kemudian dari keempat kartu tersebut terserah diolah dengan aritmatika pipalanda (ping/kali, para/bagi, lan/tambah ataupun suda/kurang) sehingga hasil akhirnya 24. Semisal terbuka angka 10, 10, 2 dan 2; bisa saja operasinya 10 + 10 + 2 + 2 = 24, atau cara yang berbeda. Contoh lain, terbuka angka 10, 10, 10 dan 6; salah satu operasinya adalah 10 + 10 + 10 – 6 = 24. Berikutnya para keponakan juga memanfaatkan operasi log dasar 10 (loh usia SD juga sudah terampil menggunakan log 10), diakar maupun dipangkatkan.

Penasaran dengan permainan ini, saya googling, ooh ternyata twenty for ini melatih arithmetical mental dan fast thinking. Dicoba ah untuk teruna kebun. Ini hasilnya…

Dari kocokan pertama tralala…keluar angka 2, 8, 4 dan 6 yook dicari penyelesaian ke hasil 24…. Inilah sebagian alternatif operasionalnya:

  1. (8 x 4) – 2 – 6
  2. (2 x 6) + 8 + 4
  3. (2 x 8) + √4 + 6

Dari kocokan kedua…keluar angka 10, 9, 7 dan 8. Inilah sebagian alternatif operasionalnya:

  1. 10 + 9 + 7 – (akar pangkat 3 dari 8) ….[haha saya kesulitan mencari simbolnya]
  2. log10 + (√9 x 7) + (akar pangkat 3 dari 8)
  3. log 10 x (9 + 7 + 8)

Apapun angka yang keluar, bagaimanapun model operasionalnya asal hasil akhir 24, semua jawaban dinyatakan benar. Seandainya soal ini dibuat model pilihan berganda, betapa banyak kreativitas yang dipasung…..

Mari kita bayangkan bilangan 24 adalah target perusahaan/kebun dimanapun Anda ditempatkan. Angka kartu yang terbuka dari kocokan adalah data/topangan yang disediakan ataupun hasil identifikasi. Lah setiap kita akan main pipalanda hingga target tujuan tercapai. Mungkin simulasi ini terlalu sederhana, pipalanda bisa berupa interaksi antar bagian ataupun data, kemampuan menganalisis, sintesis maupun elaborasi data, serta menggerakkan personil.

Juga diperlukan spontanitas serta keberanian mengemukakan pendapat, sebrilian apapun ide seseorang tidak akan dimengerti oleh orang lain apabila tidak dikemukakan. Pun diperlukan kebesaran hati saat aneka alternatif menuju angka 24 dikaji efisiensi dan efektivitasnya dan ide kita gugur di perjalanan.

Wis lah koq jadi panjang niatan main dua empat aja koq, lah ini angka yang jatuh 2, 6, 9 dan 10. Mau ikutan?   Salam

  1. MS   (102) x (96) = 24
  2. Naniek (102) x (6-(√9)) = 24
  3. Kyaine log10 x 23 x (96) = 24
  4. Kyaine 6 x 22 x (109) = 24
  5. mari sahabat diisi cara yang lain…..