Tag

, , , ,

Wisuda

Bulan Mei hingga Juni biasanya kata wisuda marak terdengar, hampir setiap jenjang pendidikan melaksanakannya. Awalnya saya sempat bingung saat mendengar ibu sangat muda yang mempersiapkan busana wisuda puterinya yang digandengnya dengan cantik, ooh wisudan dari kelompok bermain. Pada saat berbeda berjumpa dengan sepasang eyang sepuh dengan wajah teduh senyum sumringah menyaksikan wayah/cucu terkasih wisuda di program Pascasarjana.

wisuda wi.su.da [n] peresmian atau pelantikan yg dilakukan dng upacara khidmat: para sarjana yg baru lulus menghadiri acara — bersama orang tua mereka. Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/wisuda KamusBahasaIndonesia.org

Menyarikan hakekat wisuda sebagai pernyataan usai dan tercapainya target/tujuan setiap jenjang pendidikan, dibarengi dengan ungkapan syukur siap melangkah ke jenjang berikutnya. Menganalogikan dengan keseharian sebagai universitas pendidikan kehidupan berarti wisuda bisa terjadi setiap saat, kala seseorang atau kelompok masyarakat bersyukur atas tercapainya suatu kegiatan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ilmu kehidupan. Wisuda penanda lulus dari satu jenjang kehidupan.

Kebahagiaan orang tua saat melepas putra-putrinya memasuki tahap kehidupan baru dari pribadi legan/bebas yang berikrar menjadi sepasang suami istri sah dalam tatanan masyarakat juga bagian dari wisuda. Pawiwahan, resepsi agung hamisuda (mewisuda) pasangan baru. Bulan sekarang (Rejep) pun nanti bulan Besar juga menjadi musim wisudan pengantin.

Nah yang ini juga bagian dari wisudan purnawiyata acara wisuda usai pendidikan yang dilaksanakan oleh PERMADANI (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) Salatiga  bergada IX alias angkatan IX yang menjalani masa pawiyatan sejal awal Januari hingga akhir April 2015. Wisudan ditandai dengan sangsang (pengalungan) Samir dan penerimaan patisara (ijazah). Pawiyatan dengan modul kurikulum meliputi pranatacara dan pamedhar sabda serta adat istiadat; basa lan sastrangedi busana dan ngadi salira; sekar macapat; serta wawasan kebangsaan melalui visi misi PERMADANI, kebudayaan dan pariwisata, kebudayaan dan ketahanan bangsa. Bagian dari nguri-uri dan nguripi budaya Jawa dalam kehidupan bermasyarakat.

IMG-20150511-WA0000

Setiap saat kita juga menjadi bagian dari murid pawiyatan kehidupan, menempuh wisuda demi wisuda dalam universitas kehidupan. Hingga saatNya kelak menerima wisudan akhir, menerima sangsang samir dan patisara kehidupan, adakah lulus dihadapan-Nya? Terkesiap bertelut memohon karunia anugerah-Nya semoga saat wisudan akhir menjadi bagian dari kaum-Nya.