Tag

, , ,

Kandang Sapi dan Taman Ashoka

Kala Kanjeng Sinuhun Paku Buwana VII memegang tampuk pimpinan Keraton Surakarta Hadiningrat, beliau berkenan memelihara sapi dan menetapkan wilayah sebelah Timur Laut sebagai kandangnya dengan pertimbangan (mungkin) jauh dari pusat kota dan dengat dengan sungai. Meskipun jaman telah berubah tidak ada lagi kandang sapi dan menjadi wilayah padat penduduk, wilayah tersebut masih tetap disebut Kandang Sapi, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Setiap kita tentunya mendambakan kondisi sehat, namun adakalanya kita ‘mendapat kesempatan’ merasakan sakit bahkan harus dirawat di rumah sakit, mendampingi keluarga terkasih opname di rumah sakit, ataupun menjenguk kerabat/sahabat.

jalan masuk ke RSDi Kandang Sapi tersebut berada sebuah rumah sakit swasta dengan semboyannya: “teduh untuk sembuh”. Keteduhan diwujudnyatakan melalui profesionalitas pelayanan, keramahan staf dan ditopang oleh lingkungan yang asri, taman dengan dominasi bunga soka (Ixora spp) dan kemuning.

soka kuning  by rynarisoka salemBerada di ruang perawatan seperti berada di Taman Ashoka di negeri Alengka, tempat Sita ditawan dan menunggu pembebasan dari Rama Wijaya ksatria titisan Dewa Wisnu sebagai penolongnya. Pasien ibarat Dewi Sita yang tertawan oleh penyakit, manengku puja secara khusuk penuh penyerahan dan kerendahan hati memohon pertolonganNya memperoleh kesembuhan dengan berihtiar. Semua staf di rumkit menjalankan fungsi Rama maupun Wibisana yang berperan dalam pembebasan Sita.

Keberadaan taman rumah sakit menjadi salah satu elemen penting dalam manajemen rumah sakit. Selain aspek keindahan/estetika juga sirkulasi udara dengan menyerap karbon dioksida diubah menjadi oksigen serta evapotranspirasi air yang menambah kesejukan, pengganti pemandangan monoton.  Memandang kesegaran dan keindahan taman juga memberikan sugesti yang memperbaiki rasa suntuk.

Kepada pihak manajemen rumkit beserta staf, selamat melayani pasien, menyediakan diri dipakaiNya sebagai sarana kesembuhan kepanjangan tangan kasihNya.

dokter pendirinya

Penyambutan oleh dokter pendirinya, tangan menggenggam erat sumpah dokter…..

tanggul dan drainase

Berwawaskan lingkungan, pengaturan tanggul dan drainase yang apik

Merah menceriakan hati gundah ….

Taman yang adem, menenangkan gelisah ……..

Taman yang hijau sejuk, menghilangkan suntuk ….

Iklan