Tag

,

Shofyan Entrepreneur Muda dari Lereng Merbabu

Stand di pojokan pameran nampak berbeda. Display aneka produk segar sayuran dikemas apik dengan brand SOM (Sayuran Organik Merbabu). Disertai pula dengan pelabelan fakta nutrisi setara dengan ingredient pada produk pabrikan, nilai tambah yang sungguh unik jarang dijumpai pada produk hasil bumi.

Shofyan entrepreneur muda dari lereng Merbabu

Shofyan entrepreneur muda dari lereng Merbabu

Seorang teruna dengan ramah melayani pembeli, memberikan penjelasan kemanfaatan produk bahkan tak pelit berbagi ilmu cara bercocok tanam pada sekelompok pengunjung yang ingin tahu lebih rinci. Dialah Shofyan, sosok sederhana putra petani yang berusaha tani bersama wadah KOMPOR (Komunitas Petani Organik).

Produk SOM ini bervariasi mulai dari produk yang sering dijumpai semisal kentang, wortel, tomat, lobak putih, sawi sendok hingga produk yang agak jarang dijumpai di pasar tradisional semisal kol ungu, terong Belanda, spinach, daun mint, rosemary, daun basil dll. Dengan jenis dan kemasan serta pelabelan ini, produk SOM merambah ke pasar swalayan di kota-kota besar seputar lereng Merbabu.

Produk Sayur Organik Merbabu

Produk Sayur Organik Merbabu

Shofyan dengan runtut menjelaskan bahwa dia memperoleh dana hibah kewirausahaan dan menerapkannya di kelompok tani komunitasnya. Wilayah usaha di Jl Raya Salatiga-Magelang km 14, Sidomukti, Kopeng, Getasan, Semarang 50774. “Produk kami unggul dan kami harus mewartakannya melalui pelabelan yang memuat informasi kandungan gizi serta kemanfaatan bagi kesehatan. Kelompok kami peduli lingkungan sumber daya alam dan kesehatan konsumen”

Jawilan dari teruna lain menghentikan obrolan kami, “Ibu, sila berbincang dengan Ibu Bapak dulu ya, saya harus bersiap untuk penampilan tari Kecak bersama teman-teman” demikian pamit Shofyan yang juga mahasiswa tahun pertama di Fakultas Pertanian, Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga. Selamat berjuang Shofyan, Ibu Bapak, almamater, petani lereng Merbabu dan dunia agribisnis pasti bangga akan kiprah Anda. Selamat belajar dan berkarya Shofyan, entrepreneur muda dari lereng Merbabu. CP Shofyan Adi Cahyono 085643040448