Tag

,

Radix dan Ra

akar mengintip

akar mengintip

Radix dan Ra. Radix adalah kata lain dari akar (tumbuhan, maupun gigi). Saat kami kecil, ibu mengajarkan untuk mencabut rumput di halaman hingga akarnya agar tak tumbuh lagi. Secara berkala bapak mengajak ke kebun memperkenalkan mencabut singkong, belajar mengamati dari akar yang kurus berkembang menjadi ubi penyimpan makanan gurih. Di bangku sekolah bapak ibu guru melengkapi pemahaman akar tunggang dan serabut serta fungsi akar sebagai penopang kekuatan tanaman, menyerap air dan unsur makanan dari dalam tanah untuk dimasak oleh daun dengan bantuan sinar matahari. 

Ra, berkenaan dengan dewa Ra pada era Mesir Kuna. Ra matahari sebagai sumber energi kehidupan. Bapak suka mendukung kami kecil menikmati matahari terbit pada hari libur kerja beliau. Ibu menugasi kami menjaga air gege (air yang dijemur di sinar matahari) untuk memandikan adik saat masih bayi, air gege membuat adik menjadi cepat gede (besar). Bagian kearifan tradisional, memanen precursor provitamin D dan penerapan energi surya.

Imajinasi kami saat kecil, radix atau akar adalah perlambang bapak, penopang kekuatan pohon keluarga, tanpa lelah bekerja menyediakan air dan hara untuk dimasak oleh ibu pengemban peran daun. Ra adalah sahabat keluarga, sahabat radix dan daun untuk menyediakan makanan bergizi bagi kami kanak-kanak, bakal bunga dan buah keluarga agar kami tangkas bermain mengeksplorasi kebon sekitar kehidupan.

Radix dan Ra menyatu

Radix dan Ra menyatu

Radix menyatu dalam Ra. Salah satu kejutan, imajinasi saat kecil tersebut mewujudnyata melalui karya perupa di Peliatan Ubud. Perupa yang dengan piawai mengekspresikan kegagahan akar yang selama hidupnya bersembunyi di dalam tanah melaksanakan dharma kehidupannya. Salah satu karya yang sangat menyentuh adalah perwujudan dewa ra dari radix, oh …. radix yang selama hidupnya tak pernah menyapa matahari secara langsung, radix yang terhubung dengan ra melalui elemen daun kini menyatu, dewa Ra dalam radix. Transformasi atau salin rupa, perubahan bentuk tanpa kehilangan sifat alami sifat rendah hatinya dari akar menjadi aneka elemen seni melalui pengerja seni berbakat. Terima kasih radix dan ra, bagian dari siklus kehidupan ekologis.

Transformasi akar

Rumah Salin rupa akar

salin rupa akar

salin rupa akar

Iklan