Tag

, , , , ,

Candi Plaosan Utara-Monumen Cinta

candi-plaosan-monumen-cinta

Candi Plaosan Utara Monumen Cinta

“Dinda, sepanjang nadiku mengalirkan sari dirimu”

“Begitupun seluruh jaringan saraf dinda, digetarkan sukma Kanda”

Itulah yang terekam saat menikmati sepasang candi kembar atau Candi Plaosan Utara (Lor) di siang terik. Sepasang candi kembar yang yang terletak di Dusun Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Posisinya sangat dekat dengan kawasan Candi Prambanan kea rah Timur Laut.

Candi bercorak perpaduan Buddha-Hindu ini mematrikan ikatan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya yang berkiblat Hindu dengan sang permaisuri Sri Pramodhawardhani dari Wangsa Syailendra yang berkiblat Buddha. Tak heran sahabat muda penyuka Candi, Winny memberikan sebutan kisah cinta beda agama. Paduka Sri Pramodhawardhani ditengarai nama lain dari Rakryan Sanjiwana yang diabadikan dalam Candi Sojiwan yang terkenal dengan parade dongeng fabelnya.

candi-kembar-plaosan

Candi Kembar Plaosan Lor (Utara)

Sepasang candi utama menghadap ke Barat yang dikawal banyak candi perwara besar maupun barisan candi perwara lebih kecil yang sudah tampak utuh di halaman belakang. Tumpukan batu berserak, saling menyimpan kata rahasia seolah berbicara akan zaman keemasannya menunggu proses rekonstruksi akbar yang tak pernah usai sepanjang masa.

[Silakan dinikmati sepasang candi laki-laki dan perempuan ya Ibu, demikian sapaan ramah petugas kebersihan yang setia menyisir halaman candi di siang terik itu. Menjangkau ceceran sampah yang lupa ditinggalkan pengunjung. Menyemai bibit mari biasakan menjaga kebersihan tempat umum apalagi sebuah cagar budaya mahakarya sejarah bangsa]

candi-utama-utara

Candi Utama Utara-Plaosan Lor

relief-di-candi-utama-utara

Relief di candi utama Utara

Candi utama Utara, kerap di sebut candi laki-laki. Rakai Pikatan mengekspresikan cintanya kepada sang permaisuri, mematrikan relief perempuan pada dindingnya. Sedangkan Candi utama Selatan yang disebut candi perempuan tempat Pramodhawarhani menempatkan suami junjungannya di relung hatinya dengan tampilan relief laki-laki pada dindingnya.

candi-utama-selatan

Candi Utama Selatan

relief-di-candi-utama-selatan

relief di candi utama Selatan

[Bila pasangan menempatkan kesetaraan saling melengkapi, setiap pribadi dipenuhi hasrat memberikan dirinya sepenuhnya bagi pasangannya semoga menjadi cinta abadi. Mungkin itulah pesan yang hendak disampaikan oleh Candi Plaosan Utara simbol toleransi dalam keluarga besar bumi]

deretan-candi-penjaga-di-belakang-melatar-dangau-pemburu-senja-di-plaosan

Deretan candi penjaga melatar dangau pemburu senja

Melihat luasnya kawasan serta kolam galian di sebelah Timur candi yang belum usai nampaknya Candi Plaosan ini tatanan kawasan yang lebih kompleks lagi, keberadaan Candi Plaosan Kidul yang hanya sekian langkah dari Candi Plaosan Utara juga menarik. Bagi para pemburu eloknya senja, menatap saat senjakala berlatar Candi Plaosan dari arah belakang pastinya momen yang menyenangkan. Saya baru menikmati suasana dangaunya di siang terik. Candi Plaosan Lor (Utara) sungguh monumen cinta warisan bangsa.