Ungu Tak Selalu Sendu

Warna ungu memang menarik, Ungu nama salah satu grub band ngetop. Ungu juga menjadi inspirasi para novelis sebut saja Kabut Sutra Ungu karya Ike Soepomo (yang juga melambungkan artis Yeni Rahman sebagai pemeran wanita terbaik FFI 1980) ataupun Ungu, buku terakhir dari saptalogi mejikuhibiningu karya Agnes Yessica.

Ungu erat berkaitan dengan warna duka dan sendu, ungu juga dekat dengan warna keagungan, jubah ungu sebagai simbul keagungan. Dan bila saat ini memasuki masa advent, ungu juga menandakan simbul kesetiaan menunggu kedatangan Sang Maha Agung.

Teratai ungu nan anggun

Teratai ungu nan anggun (by rynari)

Bunga-bunga  ungu ini juga mewakili berbagai karakter, mari simak keanggunan sang teratai ungu,  tumbuh di kolam Taman Gua Maria Kerep Ambarawa. Lihat dalam keanggunannya sang teratai ungu juga memberi tempat kepada serangga kecil untuk bekerjasama melanjutkan siklus hidupnya. Karakteristik teratai diuraikan dengan apik di kebun mas Alam. Cara bercocok tanamnya diulas tuntas oleh Jeng Dani yang bertangan dingin.

Bunga ungu lain yang tumbuh di kebun depan adalah tembelekan (Lantana camara) dengan aura  kesederhanaannya. Begitu pula bunga terompet ungu yang tumbuh di pagar hidup rumah tetangga ini, ikut mengurangi polusi CO2 melalui penyerapan CO2 dalam proses fotosintesisnya, Sedangkan si ungu berikutnya diabadikan di Pondok Remaja, tumbuh sebagai cover crop melindungi permukaan tanah dari pukulan air hujan.

bunga ungu
Lantana camara ungu
ungu penghias pagar

ungu penghias pagar

ungu penutup tanah

ungu penutup tanah

Nah ungu tak selalu sendu, bunga-bunga ungu ini berbagi keindahan dalam paduan keserasian alam. Selamat  Advent.

Iklan