Tag

, , , ,

Blusukan Kawasan Cagar Budaya Kota Lama dan Brown Canyon Semarang

Kapasitas ingatan kita memiliki daya tampung tertentu. Seiring waktu akan memudar. Bersyukur ya, seandainya tidak memudar tidak akan mampu memuat memori yang lebih baru. Menyematkan sebagian memori melalui tulisan ringan bagian dari menyimpan ingatan.

Nah ini coretan ringan blusukan di Kawasan cagar budaya Kota Lama Semarang lanjut brown canyon. Menerakan dolan akhir Feb 2020 di awal masa pandemik sebelum memasuki masa PSBB. Menjemput mas Ragil di stasiun Tawang tengah hari.

BCB GPIP Immanuel

Duduk di stasiun Tawang, menunggu keluarga yang akan segera datang, pendengaran dibelai irama Gambang Semarang penanda kedatangan kereta, duh rasanya luar biasa. Tak bosan menikmati arsitektura stasiun Tawang Semarang yang diklasifikasikan sebagai Bangunan Cagar Budaya. Kisah panjang perjalanan teknologi transportasi.

BCB Stasiun Tawang

Kedatangan tengah hari saatnya makan siang. Baiklah mari menuju Kawasan Cagar Budaya Kota Lama alias Semarang Old City Heritage. Banyak pilihan tempat makan siang, kami memilih incip Sate Gule Kambing 29 persis di depan gereja Blenduk.

Saatnya blusukan….. Berkali datang ke Kawasan cagar budaya Kota Lama Semarang beraroma Little Netherland tidak pernah bosan. Mau siang ataupun rasa malam Kota Lama selalu ramai. Mau gabung dengan keramaian ombak pengunjung? Ini tangkapan kameranya. Spot pilihan banyak pengunjung.

Kawasan Cagar Budaya Kota Lama Semarang nan gempita

Taman Srigunting menjadi pusat berkumpulnya pengunjung. Berdekatan dengan BCB bistro Spiegel, GPIB Immanuel juga spot ikonik MARBA dengan aura merah batanya. Jajaran sepeda mengundang pengunjung tuk berfoto ataupun gowes.

Atau mau bergabung dengan kami, menyisih dari kawasan penuh pengunjung dan menuju spot yang lebih sepi? Hayook saja.

Beberapa kali kunjungan, memilih masuk ke dalam gereja dengan kubah blenduk yang fenomenal. Gereja GPIB Immanuel yang masih aktif untuk ibadah. Menatap keanggunan plafon kubah ataupun alat musik klasik di sisi mimbar. Keinginan untuk menyajikan artikel khusus BCB gereja ini belum terlaksana.

Kubah dan alat musik di BCB GPIP Immanuel

Menyusur aneka bangunan Kota Lama yang agak jarang disasar pengunjung sehingga dapat menikmati lebih detail dan santai. Pabrik Rokok Praoe Layar misalnya. Tentunya tidak melewatkan rumah akar/tembok. Blusukan di siang hari nan panas mari nyemil es krim penawar dahaga.

Sisi lain KCB Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama yang selalu menambat rasa. Trenyuh melihat bangunan yang kian ambruk tergerus masa. Memang membutuhkan komitmen dan sumber daya yang luar biasa untuk memeliharanya. Begitupun semoga setiap pengunjung juga mempertebal rasa cinta budaya.

Saatnya bergeser….. Mas Ragil sangat kepengin mengunjungi Brown Canyon, eh simboknya juga lah. Berbekal panduan GPS kami menujunya, mudah dijangkau. Makin mendekati tujuan berjumpa dengan banyak truk yang memuat bahan galian.

Yuup Brown canyon pada dasarnya adalah areal galian tambang. Pada beberapa site dijumpai materi yang sangat keras masif dan tersisa bekas galian berupa materi asli di tengah kubangan tambang sehingga terlihat menjulang.

Blusukan di Brown Canyon Semarang

Kawasan ini sebenarnya bukan destinasi wisata resmi. Keunikan ekologi areal penggalian menghadirkan aneka keindahan. Cerukan bekas galian yang menjadi tempat berkumpulnya air hujan menghasilkan bias aneka warna. Mempertimbangkan lokasinya yang di bagian bawah dan padat lintas truk, kami hanya melihat dari kejauhan.

Lumayan banyak pengunjung saat kami mblusuk. Ada keluarga pun para teruna yang menjelajah ke areal lebih ke tengah. Kawasan ini juga menjadi arena bermain kanak-kanak dari pemukiman di sekitar areal penambangan.

Juga menjadi areal penggembalaan, kami berjumpa sekawanan kerbau yang digembalakan di cekungan yang berumput hijau. Sajian ekosistem penambangan yang holistik dari aneka komponen penyusunnya. Rintik hujan kian menderas, saatnya mengakhiri blusukan tuk segera pulang ke rumah.

Old city heritage to brown canyon

Sekilas blusukan dari stasiun Tawang, menyigi Kawasan cagar budaya Kota Lama Semarang hingga bentang alam Brown Canyon. Setiap ceruk wilayah kita memang indah.