Tag

, ,

Tatag, Teteg (Bakal) Tutug

Bila duo wanita cantik berkolaborasi membentuk T2, sekolah di sebelah rumah memajang slogan 3T di dinding untuk memacu siswa didiknya. Tatag, teteg bakal tutug.

Tatag, teteg, tutug

Menurut kamus lengkap bahasa Jawa (Mangunsuwito, 2010), tatag: tidak mempunyai rasa khawatir; tabah. Merujuk kekuatan respon pribadi terhadap tekanan dari luar dirinya. Sifat internal keteguhan hati diwakili oleh kata teteg: kukuh; tidak bergerak-gerak; kuat hati. Tatag yang didukung oleh rasa teteg. Tutug bermakna sampai akhir; kesampaian apa yang diinginkan. Tutug adalah sebuah proses yang bersendikan pada tatag ketangguhan menghadapi tantangan dan kemantapan pribadi yang teteg. Melalui slogan tersebut sekolah berikrar bahwa pendidikan bukan hanya sebatas proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, namun memasuki ranah pembentukan dan pengembangan kepribadian.

Senyatanya prinsip 3T juga berlaku dalam banyak hal termasuk ngeblog lho, karena kurang tatag juga teteg, draft postingan tidak tutug. Selamat nguri-uri 3T, setiap yang tatag, teteg bakal tutug.