Tag

, , , ,

Pesona Rangkaian Zingiberaceae

pesona-rangkaian-zingiberaceae

pesona-rangkaian-zingiberaceae

Hiasan sentral di stan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada event Soropadan Agro Expo Maret 2013 beberapa tahun lalu memikat saya. Sentuhan beberapa bebungaan yang tidak umum menjadikan rangkaian bunga ini unik. Yup Zingiberaceae alias jejahean, salah satu spesies yang sangat terkenal adalah Zingiber officinale alias jahe bahan baku wedang jahe yang hangat nikmat. Zingiber berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tanduk lembu jantan. Memiliki aroma khas berasal dari kandungan minyak esensial.

stan-badan-litbang-pertanian-soropadan-expo-2013

stan-badan-litbang-pertanian-soropadan-expo-2013

marun-costus-merona

marun-costus-merona

Bonggol bunga atau bractea berwarna merah merona dengan sembulan bunga putih berasal dari genus Costus. Salah satu anggota Costus bernama lokal bunga pacing yang merupakan tumbuhan obat dengan banyak manfaat.

z-spectabile

z-spectabile

Z. spectabile dikenal sebagai golden shampoo ginger atau beehive atau giant shampoo ginger dengan nama lokal tepus tanah. Warna bractea kuning keemasan menjadi daya pikat dalam rangkaian. Tanaman hias ini diujikembangkan oleh Balai Pemelitian Tanaman Hias (Balithi) menambah kekayaan florist Nusantara.

sekar-souli

sekar-souli

Sekar Souli nan cantik adalah bunga potong tropis yang dilepas oleh Balithi. Tanaman dengan nama ilmiah Tapeinochilos ananassae ini memiliki banyak sinonim diantaranya Costus ananassae, Indonesian wax ginger, red wax ginger, pineapple ginger ataupun giant spiral ginger.

Selama ini saya lebih mengenal pemanfaatan kembang kecombrang alias honje dengan nama ilmiah Etlingera elatior anggota keluarga (family) Zingiberaceae dari genus Etlingera. Aroma wangi kecombrang dalam masakan terutama ikan juga mengharumkan rasa kuliner lokal.

Jejahean-koleksi-singbg

Jejahean-koleksi-singbg

Ternyata begitu banyak anggota jejahean yang potensial dikembangkan sebagai bunga potong daerah tropis. Pantesan Kebun Raya Singapura mengoleksi aneka anggota jejahean berbunga maupun bonggol bunga cantik. Selamat terus berkarya para peneliti Balithi, bergandengan tangan dengan petani pelaku agribisnis. Nusantara kita saya yakin memiliki koleksi yang lebih lengkap, menjadi plasma nutfah kejayaan dan kesejahteraan bangsa.

 

Iklan