Tag

, , , ,

Balada Terlambat Panen Sayur

Berkebun dalam pot

Berkebun dalam pot

Tanaman sayuran yang sering saya tanam di rumah berkisar dari bawang daun alias onclang, kucai, seledri, selada baik selada (lettuce) hijau maupun merah serta sawi baik sawi sendok maupun sawi bakso. Tak lupa cabai, tomat, kadang pare ataupun labu siam di pojokan merambat di para-para sempit. Senang sekali mengamati perkembangan para tanaman ini, mulai ditanam bibit mini terlihat ringkih, hingga tumbuh merimbun lalu siap dipanen.

Panen benih pare

Lah saatnya panen kadang malah ditunda merasa sayang atau terlewat masa panennya. Beberapa jenis sayuran tidak masalah lewat masa panen, semisal onclang, kami menggunting beberapa helai daun per rumpun untuk buat dadar telur atau soup seraya membiarkan rumpun tumbuh terus dan beranak pinak memenuhi pot. Paling dijebol lalu dibiakkan menjadi beberapa pot lagi.

Begitupun untuk seledri, kami juga memanen dengan cara menggunting beberapa helai daun per rumpun dengan membiarkan rumpun tetap tumbuh. Soup, sayur asem ataupun perasan daun sledri untuk tonik rambut dari pot sendiri alamak segarnya. Hingga saatnya pokok seledri menua dan perlu diganti dengan tanaman baru, lah yang ini perlu pengadaan bibit baru.

Seledri segar subur di pot pralon

Nah untuk selada, cara kami panen hampir sama dengan dipotong beberapa helai daun saja entah untuk lalapan tempe goreng atau ikan/ayam, campuran pecel/gado-gado ataupun untuk salad. Baru dicabut dengan tampilan wutuh cantik bila rencana dibagi ke teman lain. Ada kalanya tanaman tetap tumbuh subur dan akhirnya menghasilkan dompolan bunga. Selama ini tahap berbunga hingga busuk tidak bisa menghasilkan buah hingga biji. Memang untuk keluarga brasicaceae alias kubis-kubisan ini perlu perlakuan khusus untuk dapat menghasilkan biji. Ada teknologi pendinginan benih awal sebelum disemai hingga sambung antar jenis kubis-kubisan. Tak pelak menjadi keprihatinan nasional, negara penghasil dan pengkonsumsi kubis-kubisan dengan kuantitas yang besar tetap saja kita mendatangkan benih dari luar.

Selada subur segar

Selada-seledri

Selada berbunga

Untuk sawi bakso, bila terlambat di panen tanaman akan menghasilkan bunga kuning yang cantik hingga menghasilkan tangkai buah yang menjuntai panjang. Setiap buah menyimpan banyak biji lembut hingga siap panen biji. Beberapa petani menangkarkan benihnya sendiri dari hasil bijinya. Kami juga sering terlambat memanen buah yang menua hingga biji lembutnya terburai tertiup angin.

Tangkai buah sawi bakso

Inilah balada terlambat panen sayur kami. Setiap masa pertumbuhan tanaman sayur menyuguhkan fungsi dan keindahannya tersendiri. Begitupan saat lalai panen tetap saja tanaman sayur mempersembahkan kegunaan menyediakan benih untuk penanaman berikutnya. Tanaman sayur apa saja nih di halaman sahabat pembaca kebun rynari? Nyumnyam amboi segarnya.