Empat Sekawan

Empat sekawan? sejak dulu empat juga sekawan. Bilangan empat memang menarik, kaki meja dan kursi juga empat. Kita mengenal empat penjuru mata angin dari Timur, Selatan, Barat dan Utara dengan variannya. Dalam masyarakat tradisional Jawa dikenal dengan istilah pat (empat). Misalnya tembang macapat. Setiap desa dikelilingi empat desa lain sesuai arah mata angin. Perpotongan jalan disebut prapatan (perempatan). Unsur alam utama pun terdiri atas empat hal: tanah, air, angin, dan api.

Dalam pupuh maskumambang terdapat empat keberuntungan besar yang disebut sebagai kawan gung begja. Pertama, gunawan yang berarti memiliki kekayaan ilmu pengetahuan. Kedua, wiryawan atau keutamaan keluhuran budi. Ketiga, hartawan atau pemilik kekayaan. Keempat adalah berawan yang bermakna mempunyai banyak keturunan.

Juga terdapat empat warna dasar dalam hidup ini, yaitu merah, putih, hitam, dan kuning (penelusuran Jeng Wiki warna primer merah, biru, kuning; hitam adalah warna netral). Bagi mahasiswa strata-1 angka 4 dapat dimaknai harapan lulus dalam waktu 4 tahun sokur ber IP 4.0 (alamak sulitnya). Apa makna bilangan   bagi Anda?

Iklan