Tag

, , , ,

Milang Lembang Ancol Bogor 2019

Mendampingi teruna kebun studeks 2019

Menyimpan dokumen mendampingi teruna kebun melakukan study exursi ke Bandung, Jakarta dan Bogor. Khususnya seputar Lembang, Ancol dan Bogor. Memang bukan kunjungan perdana, bahkan beberapa tujuan kunjungan sudah sering disambangi. Namun selalu ada kesan baru apalagi peserta yang didampingi selalu berganti.

Hari 1

Pk 17an peserta mulai berkumpul, menata 114 teruna ke dalam 3 bus. Kami 5 pendamping kebun menyebar bersama perwakilan dari agen tur. Pk 18.15 usai berdoa pelepasan, rombongan diberangkatkan. Pk 18.40an singgah makan malam bersama di Bawen. Cus melalui jalur tol diselingi berhenti di beberapa rest area.

Serial makmal studek

Hari 2

Puji Tuhan, perjalanan lancar dan pk 04an sampai di terminal grafika Cikole untuk mandi dan sarapan.

Pk 08 hingga 11an kunjungan di Balitsa, Balai Penelitian Sayuran. Para teruna kebun mendapatkan penjelasan tugas pokok fungsi BALITSA. Penelitian komoditas sayuran unggulan. Menikmati proses produksi true shallot seed (TSS) biji bawang merah. Menjawab tingginya biaya input benih bawang merah berupa umbi, para peneliti menyediakan TSS.

Belajar di Balitsa Lembang

Makan siang di terminal grafika Cikole

12.42-14.22 di TWA Tangkuban Perahu. Saatnya menikmati TWA Tangkuban Perahu. Khususnya kawasan kawah Ratu. Alam sulit diprediksi, saat kunjungan kabut pekat menyelimuti kawasan kawah sehingga keelokan kawah sulit dinikmati. Kegembiraan tetap dapat dirasakan semisal menikmati vegetasi endemik manarasa atau cantigi yang tumbuh di seputar kawah.

Studek di TWA Tangkuban Perahu

1505-16.40 di Farm house. Mari silakan menyebar menikmati wisata berbasis farm ini. Mulai dari penukaran tiket dengan susu, aneka susunan taman dengan tema Eropa dhi Belanda. Suasana farm terbangun dengan pengenalan ternak. My Secret adalah tambahan baru selain modifikasi susunan tema taman dibanding kunjungan sebelumnya. Salah satu tantangan wisata kekinian yang mengemukakan tempat pepotoan adalah selalu update tema agar pengunjung tidak bosan.

16.40-18.06 Priiit saatnya kumpul kembali dan melanjutkan perjalanan ke Saung Angklung Udjo. Jarak yang melintang dari Bandung Utara ke Timur melewati areal tengah, hampir 90 menit kami mencapainya.

18.30 – 21an. Saatnya menikmati pertunjukan di kesenian budaya Nusantara khususnya wilayah pasundan. Apresiasi untuk pegiat seni yang mengemas pertunjukan secara apik rapi. Pengunjung yang memenuhi saung menjadi bagian dari pagelaran. Setiap pengunjung membawa kesan apik saat pulang. Kami sekalian menikmati makan malam di sini.

Saung Angklung Udjo

21.24 Mari saatnya rehat menginap di hotel Salis.

Hari 3

09-11 Momenta Agricultura. Bila sahabat belanja sayuran di aneka super market dengan label Amazing Farm. Inilah produk dari PT Momenta Agricultura. Perusahaan yang menghasilkan aneka sayuran daun dan buah baik secara hidroponik maupun konvensional melalui proses kemitraan. Proses produksi dengan kawalan pengendalian kualitas yang ketat. Selain memasok super market nasional, PT Momenta Agricultura juga melakukan export produk ke mancanegara.

Amazing farm-menjual kualitas

PT Momenta Agrikultura

Makan siang di terminal grafika Cikole (wkwk beberapa kali makan di grafika selama kunjungan ini dan selalu penuh pengunjung, puluhan bus wisata, ratusan pengunjung yang melakukan out bond dan ribuan yang membutuhkan pelayanan makan. Dinamika wisata yang menantang)

14-16.30 PTPN VIII Ciater Pengolahan teh hitam ortodox. Kembali menyusuri arah Tangkuban Perahu ke daerah Ciater. Menuju agrowisata teh yang dikelola oleh PTPN VIII. Pengunjung dapat menikmati suasana kebun dan pabrik teh model lama. Gundukan kayu bakar sebagai bahan bakar proses pengeringan. Melipir di sepanjang pinggiran pabrik mengamati prosesnya. Teh goal para, walini adalah sebagian dari produk pabrik ini.

Pabrik teh Ciater

Setiap pengunjung agrowisata dapat mencicip minuman teh dan membeli aneka produk diantaranya teh putih yang ditengarai sebagai minuman kesehatan. Hehe bukankan minum teh memang sehat menyegarkan ya.

Perjalanan Subang menuju Kelapa Gading, singgah makan malam di Cikampek. Alamak perjalanan panjang sekitar 6 jam karena suasana macet sepanjang jalan tol berselang dengan pembangunan jalur kereta.

Hari 4

01.45 tiba di hotel B n B Kelapa gading. Badan yang penat membutuhkan istirahat. Bersyukur acara berikutnya adalah santai rekreasi di Dufan. Memaksa diri mandi dini hari biar badan lebih segar. Alarm yang diset pk 07 pagi sukses membuat kaget, artinya tidur sungguh pulas.

Pk 09 perjalanan ke Dufan

Acara bebas di Dufan, mari para teruna nikmati waktu muda kalian. Silakan dijajal aneka wahana yang menantang, terapkan strategi kombinasi pilihan wahana banyak peminat dan sepi peminat. Survei abal-abal menunjukkan, tanpa jalur fast track atau premium, rerata teruna mendapat 5 permainan. Dengan fast track beberapa peserta mencapai 10-12 permainan.

Cek dari para pendamping, menikmati hingga 5 permainan ala santai. Lah bermula dari berpusing di rumah miring, kembali menikmati masa kanak-kanak di istana boneka, lanjut ke Bianglala dengan masa antrian sejam lebih sedikit. [nah pk 13.15an saya undur sejenak, karena janjian jumpa dengan mas mbak mbarep dan mas ragil di luar arena Dufan. Sempatkan makan siang bareng dan kembali pk 16an tuk lanjutkan tugas] Rentang saya izin keluar, rekan emak kebun lumayan berbasah ria di arung jeram dan nyantai sambil menunggu teruna ngumpul dengan berturangga-rangga.

Perjalanan keluar arena, tepat saatnya parade sore. Apresiasi tuk pengelola yang berusaha memelihara dan tingkatkan layanan untuk kesetiaan pelanggan. Kamipun makan malam di lingkungan Ancol, sekitar pantai Indah, bonus menatap sunset.

Hari 5

Pembatalan mendadak dari tempat kunjungan di Bogor, segera semalam kami berapat kilat. Tidak dilakukan penggantian tempat kunjungan, jadwal yang lain yang sudah dirancang tetap, sehingga rombongan check out dari hotel bisa lebih lambat/siang. Setiap komponen dapat beristirahat cukup dengan perubahan minimal.

Pk09.30 an kami start ke arah Bogor, berhenti di 2 rest area sembari menjemput lunc box. Makan siang dan pk 12an cus jalan dengan harapan pk 01 sampai Cisarua. Ooh jalur Bogor-Cisarua ternyata lumayan macet sehingga molor lebih dari 1 jam dari jadwal.

14.30-16.15 Yayasan Bina Sarana Bakti. Berbondong para teruna kebun melintas area kebun menuju ruang pertemuan. Bina Sarana Bakti (BSB) dirintis oleh Pater Agatho asli Swiss, beliau pioner gerakan organik yang diilhami oleh Fukuoka melalui Revolusi Sebatang Jerami. Membutuhkan waktu cukup panjang untuk membentuk perilaku organis.

Kebun Bina Sarana Bakti Cisarua

Filosofi dasar organis adalah sifat, [melebihi kata organik yang bersifat benda] Kegiatan bertani adalah organ atau bagian dari kesatuan tumbuhan/hewan – alam – dan sang Pencipta. Bertani bagian dari ibadah atau berbakti, menghasilkan panenan bahan makanan yang menyehatkan.

Produk Agatho pioner in organics

Meski masih kerasan, keliling kebun diiringi rintik hujan dan bau kompos, kami harus undur diri. Terima kasih Pak Anton, Pak Sukmi yang menerima dan menemani kami belajar.

Perjalanan Cisarua menuju Cikampek padat merayap ditempuh selama 6 jam, makan malam pk 23an lanjut mari belanja di pusat oleh-oleh Family. Buah tangan khas Jawa Barat.

Hari 6

Puji Tuhan sampai dengan selamat di Salatiga pk 06an. Mari suka cita studyexursi menjadi penyemangat baru ya para teruna kebun. Keseluruhan acara ini didukung pelayanan yang baik dari Bintang Selatan tour & travel Semarang. Terima kasih Pak Nasri, mbak Nita dan mas Djoko.