Tag

, , ,

Rumbai dan Api Irian Eksotik

biru-pirus-s-macrobotrys

biru-pirus-s-macrobotrys

Aih cantiknya…tandan bunga menjuntai berwarna biru pirus (turquoise) menawan. Salah satu pergola pojok kebun menyuguhkan tanaman hias merambat dengan tandan bunga menjuntai panjang, tebaran guguran warna biru pirus di bawah tandan yang menjulur menambah eksotisitas pergola ini. Hasil dari pelacakan terindikasi inilah tampilan Strongylodon macrobotrys, plantamor menjulukinya sebagai rumbai Irian.

s-macrobotrys-si-rumbai-irian-eksotik

s-macrobotrys-si-rumbai-irian-eksotik

S macrobotrys juga dikenal dengan nama jade vine, emerald vine, turquoise jade vine yang berasal dari hutan tropis Filipina dengan nama lokal ‘tayabak’. Anggota keluarga Fabaceae ini berbatang melilit dengan panjang hingga 18m. Perbanyakan tanaman secara generatif dengan jalur keturunan, mengandalkan bantuan burung ataupun kelelawar sebagai pollinator alami untuk melakukan polinasi atau penyerbukan. Ditengarai tanaman ini mengarah ke kelangkaan.

Bentuk mahkota bunganya unik menyerupai cakar macan, satu tandan bisa mencapai 75 kuntum dengan panjang menjuntai hingga 3 m. Penanaman rumbai Irian dalam pergola sungguh mempercantik lansekap pertamanan dengan warna unik biru pirusnya.

Menjumpai bunga sangat mirip dengan S macrobotrys di tetangga kebun Salatiga dengan mahkota bunga berwarna merah menawan yaitu Mucuna bennettii. Kedua tanaman yang berkerabat dalam satu family beda genus. Si merah menyala ini juga sering dijuluki bunga api Irian, scarlet jade vine, the red jade vine yang ditengarai berasal dari Papua.

m-bennettii-si-api-irian-menyala

m-bennettii-si-api-irian-menyala

Merah menawan si api Irian ataupun biru pirus eksotik si rumbai Irian sama cantiknya, bersyukur menjumpai tanaman yang ditengarai semakin langka. Salam flora