Tag

, ,

Parade Phalaenopsis Ungu

Parade Phalaenopsis ungu

Masih menyoal kumpulan anggrek bulan (Phalaenopsis) di pojokan teras. Masa prapaskah ini menampilkan parade Phalaenopsis ungu. Terlihat 7 pot mekar dengan gradasi dan pola aneka ungu. Sekilas terlihat dari bunga ungu muda polos, ungu tua, ungu bintik dan ungu totol (bintik ukuran agak besar).

Terlihat sama namun masing-masing berbeda. Tak ada yang terlihat paling menonjol ataupun tenggelam. Masing-masing berkontribusi menyusun harmoni ungu.

Morfologi bunga anggrek bulan

Untuk memudahkan ini disajikan morfologi dasar bunga anggrek bulan. Setiap kuntumnya terdiri dari sepasang mahkota atau petal, bagian berukuran paling besar. Tiga (3) kelopak atau sepal yaitu kelopak punggung diatas dan sepasang kelopak samping. Kemudian bagian yang menjuntai disebut bibir atau labellum. Cukup itu saja ya sebagai pengenalan dasar biar tidak ruwet.

Mari tengok si ungu muda polos. Warna mahkota dan kelopak seragam ungu terang bergaris samar. Bagian bibir berwarna ungu tua. Tandan bunga cukup panjang terdiri dari beberapa kuntuk baik mekar penuh hingga kuncup kenop kecil, alamat bakalan lama menikmati keelokannya.

Phalaenopsis ungu muda

Sebagai kontras adalah si ungu tua. Warna mahkota dan kelopak seragam ungu tua yang kalau diamati detail terlihat sebagai totol-totol besar merata. Bagian terluar mahkota terlihat gradasi ungu lebih muda. Bibir tampil eksotik paduan ungu dan kuning.

Phalaenopsis ungu tua

Anggrek bulan ungu titik berbaris

Berikutnya adalah anggrek bulan ungu bintik. Sekilas sangat mirip seolah beberapa pot phalaenopsis ungu bintik yang sama dan membuat bosan. Bila diamati dengan jeli foto terlihat ungu bintik yang yang merata pada bagian mahkota dan kelopak. Bintik membentuk pola dari bagian sentral/pusat keluar pola radial. Bagian bibir kombinasi ungu kuning tua.

Phalaenopsis bintik ungu

Phalaenopsis bintik ungu pinggiran ungu

Sedangkan ungu bintik satunya, mirip dengan ungu bintik pola radial. Sebagai pembeda. Pada bagian tepi luar mahkota dan kelopak terlihat warna ungu polos dengan gradasi muda. Begitupun warna bibir, kombinasi ungu dengan warna kuning yang lebih muda.

Phalaenopsis ungu totol

Tampil eksotik adalah anggrek bulan ungu pola totol alias bintik agak besar. Sekilas terlihat mirip. Yang satu, warna mahkota dan kelopak dasarnya ungu muda dengan totol ungu tua pola radial. Bibir dominan ungu dengan ‘lipstik’ kuning.

Phalaenopsis totol ungu lidah ungu

Phalaenopsis totol ungu lidah kuning

Sedang ungu totol lainnya. Warna dasar mahkota dan kelopak tetap ungu muda. Pola totol bukan radial murni, terlihat agak ngeblok tidak merata. Bibir dominan kuning dengan ‘lipstik’ ungu. [pembeda lainnya, yang ini foto diambil senja hari sehingga warna kurang cantik hehe]

Parade phalaenopsis ungu, beda gradasi warna, beda pola atau corak. Tetap berdampingan membentuk parade harmoni. Para breeder (pemulia) anggrek tak lelah berkreasi membuat variasi warna dasar ungu dan pola corak mahkota agar memikat pembeli.

Semoga kitapun meneladan phalaenopsis si anggrek bulan. Dengan hakekat dasar sesama insan ciptaan bersedia membentuk paduan harmoni. Perbedaan bukan dipersoalkan dan menjadi pemecah rasa justru perekat saling melengkapi.