Tag

, , ,

Rumah Budaya Fadli Zon

Setelah menikmati keindahan Rumah Puisi, kamipun melangkah ke Rumah Budaya Fadli Zon yang bersebelahan di Nagari Aia Angek Jl Raya Padangpanjang-Bukittinggi. Berikut tampilannya dari luar….

Rumah Budaya

Rumah Budaya

Puisi “Bung” menyambut ramah di halaman depan didampingi oleh “Debu” persis di sebelah dalam pintu masuk.

Bung dan Debu ramah menyapa

Bung dan Debu ramah menyapa

Memasuki bangunan disambut ramah oleh petugas, setelah mengisi buku tamu kamipun dipersilakan menikmati sajian aneka budaya. Namun oleh keterbatasan pemahaman sementara disajikan saja amatan secara ‘wadag‘ dari foto yang didapat.

Sajian di Lantai 1

Sajian di Lantai 1

Memasuki ruangan dengan dokumentasi foto-foto tokoh Negara asal Sumatera Barat, bagian dari sejarah dan menginspirasi pelaku estafet sejarah …..

Tokoh dari Sumbar

Tokoh dari Sumbar

Swarna Dwipa

Swarna Dwipa

Kearifan pengelolaan lingkungan disajikan melalui (perahu dengan layar pepohonan dua wajah, istilah awam saya), istilah tepatnya saya kurang tahu. Keselamatan perahu beserta penumpangnya bergantung pada keterampilan nahkoda mengendalikan layar pepohonan dengan dorongan angin. Juga kesatuan ekosistem bukit, bagaimana manusia-rumah-pepohonan menyatu pada bebukitan.

Pepohonan dua wajah

Layar Pepohonan dua wajah

Ekosistem Bukit

Ekosistem Bukit

Menapaki lantai atas dengan pandangan lepas keluar, salah satu sudut yang sangat saya suka, mengaji bukit, mengeja danau …… Alam takambang jadikan guru….

mengaji bukit, mengeja danau

mengaji bukit, mengeja danau

Lahan sayurpun tak ubahnya parade puisi, dan tokoh pujangga Chairil Anwar berkenan menjaganya dari pematang Marapi-Singgalang….

Khairil anwar

Chairil Anwar di kaki Marapi-Singgalang

Khairil Anwar berlatar ladang sayur

Chairil Anwar berlatar puisi ladang sayur Singgalang

Keberadaan Rumah Budaya Fadli Zon ini menyatu dengan Aia Angek Cottage dengan penataan yang hangat, memadukan seni dan alam secara cermat …

Aie Angek Cottage

Aie Angek Cottage

Hamparan ladang dan pemandangan Gunung yang indah …..

Kaki gunung Singgalang

Kaki gunung Singgalang

Bagian yang sangat memukau, tak kan terlupakan oleh setiap pengunjungnya….. Aia Angek menunggu kunjungan sahabat. [seraya nurani menggugat Museum Tembi Rumah Budayapun belum disapa]. Salam

Takkan terlupakan, kukenang Singgalang

Takkan terlupakan, kukenang Singgalang