Tag

, , , ,

Pesona Rawa Jemblung si Danau Situ Baru

Danau Situ Baru di Cibubur

Puluhan tahun silam setiap melewati Buperta Cibubur selalu kagum dengan teman-teman yang terpilih mewakili sekolah dan daerah untuk mengikuti jambore Nasional. Kosa kata Cibubur tidak lagi mewakili suatu wilayah geografis ataupun administratif. Asosiasi Cibubur adalah ajang jambore Pramuka Nasional. Kini kosa kata Cibubur meluas menjadi ikon ekonomi daerah ‘tambang emas’ semisal Cibubur Junction, sejumlah perumahan elite di kawasan tersebut.

Rumah ibadah di Buperta

Sanggar Saka Wirakartika Tingkat Nasional

Salah satu spot impian kunjungan saya adalah Rawa Jemblung dengan nama lain Situ Baru. Yuuk menyempatkan melongoknya sejenak usai ngariung nothol bareng di gubug udang di tepiannya. Melewati pos masuk Buperta, disambut kawasan yang menghijau luas, terus dulu yook lapangan utama nan luas kebayang kemegahan apel raksasa para peserta jambore. Berjajar aula dengan nama-nama gagah yang menampung para teruna bangsa. Menuntaskan rasa penasaran menyusuri tepian taman lalu lintas, kawasan aneka tempat ibadah perekat bangsa, sarana mengembangkan karya cipta seni di sanggar dan menunda ke areal landasan terbang.

Kemah Yuuk

Salam Pramuka…

Yuup mengarah ke danau, terlihat tenda-tenda penanda aktivitas camping, melepas buah hati di alam bebas melatih kesiagaan ketrampilan motorik, kepekaan sosial pun cinta alam. Mengucap salam pramuka pada patung dada ibu Tien Soeharto, sampailah kami di kawasan Situ Baru.

Piknik gelar tikar di tepian Situ Baru

Bebek-bebekan di Situ Baru

Ramainya pengunjung, betapa di pinggir jalan toll tak jauh dari pusat ibu kota, pengunjung bisa santai gelar tikar di bawah pepohonan rindang di tepian Situ Baru. Mau naik bebek-bebekan air atau perahu naga hayuuk. Melatih kecintaan pada pepohonan besar, di seputar situ tumbuh pepohonan dengan diameter yang perlu dirangkul oleh beberapa orang dewasa. Atau mengenal hutan, bukankah buperta juga berasal dari bukaan hutan karet sebelumnya.

Situ Baru versi kini

Telaah secara sosial budaya, Rawa Jemblung alias Situ Baru yang secara administratif termasuk wilayah desa Harjomukti, kecamatan Cimanggis,Kota Depok ini merangkum masyarakat budaya yang lebih luas. Mengingat dinamika wilayah, suatu kesatuan kawasan sekian dasa warsa lalu terjadi perubahan semisal pemecahan dan pemekaran wilayah. [Contoh mudahnya jalur toll Jagorawi membelah Buperta dengan kesatuan taman Wiladaltika] Terdokumentasikan aneka tradisi sosial yang melibatkan masyarakat seputar Rawa Jemblung, semisal acara penanaman kepala kambing pada acara hajat bumi oleh masyarakat Pondok Ranggon. Tentunya terjadi modifikasi acara sosial budaya di era kekinian.

tugu bermotif etnik

Secara ekologis Rawa Jemblung atau Situ Baru ini merupakan resapan air, menampung air dari daerah sekitar dan tadahan air hujan. Pada sisi lain penguapan dari permukaan situ menguarkan kesejukan bagi lingkungan sekitarnya. Tak pelak berbagai upaya konservasi situ menjadi bagian penting dari menjaga keselamatan bumi. Saya terpikat dengan tampilan tugu tinggi bermotif unik. Dari kejauhan menjulang tinggi berbalutkan hijauan pepohonan, begitu didekati olala cantiknya motif etnik eksotik.

Bila setiap pengunjung merasakan manfaat dari rekreasi tepian Situ Baru, semoga menumbuhkan minat dan tekad ikut memelihara kelestariannya. Mari ambil bagian dari hal yang paling sederhana dengan menjaga kebersihan, mengindahkan larangan dilarang memancing pun menjala ikan di Situ Baru. Tetiba saya rindu pada sahabat yang mematrikan manisnya kopdar lebah madu, mohon maaf mbak nggak sempat buat janji kopdar saat tilik anak liburan ini. Melongok pesona Rawa Jemblung alias Situ Baru siapa mau?

Iklan