Tag

, , , , , , ,

Ragam Pergola

Pating grandhul

Pating grandhul, keluarga Cucurbitaceae

Tahun lalu saat menyajikan WPC tema arranged, kebun rynari mengunggah pergola keluarga tetimunan cucurbitaceae dari pameran di rumah tetangga. Beberapa sahabat memberikan komen seperti lampu pating grandhul (bergelantungan). Nah kali ini dari pameran hortikultura di Soropadan (Magelang) kembali oleh-oleh pergola disuguhkan. Bila pada umumnya pergola dihiasi oleh tanaman merambat yang menyuguhkan keindahan aneka bentuk dan warna bunga, kali ini disuguhkan pergola dari aneka sayuran buah merambat.

Pergola bligo

Pergola bligo

Tanaman bligo atau kundur dapat tampil cantik sebagai pergola. Begitu pula tanaman pare dengan buah bertekstur butiran permata mempercantik pergola dengan juntaian buah dengan gradasi warna kehijauan menguning lalu menjingga hingga saatnya pecah mempersembahkan biji merah siap untuk melahirkan generasi baru.

pergola pare

pergola pare

Pergola cantik berikutnya adalah tanaman waluh atau labu. Labu jenis ini disebut waluh merah atau golden mama berbentuk bulat gepeng dengan warna oranye jingga kemerahan kaya beta karoten dan berukuran kecil sehingga tidak takut menjatuhi pengunjung yang menikmatinya. Kelompok waluh biasanya disebut dengan pala kesimpar tanaman merambat di tanah dan buahnya tergeletak di permukaan seperti pada semangka, timun suri, melon, krai dll. Dengan penanaman model pergola waluh si pala kesimpar penampilannya mirip pala gumantung karena buahnya tergantung di para-para …..

pergola waluh merah

pergola waluh merah

pergola oyong-gambas-ceme

pergola oyong-gambas-ceme

Ceme/gambas/oyong juga tak mau kalah menghias pergola dengan buah panjangnya. Tanaman hias sekaligus penghasil sayuran memberikan keteduhan. Untuk halaman terbatas perlu dilakukan modifikasi agar tetap tampak rapi. Selamat menikmati pergola dengan tampilan pating grandhul.

Iklan