Tag

, ,

Termangu di Dam Kali Apu

Bila sebelumnya menikmati G Merapi dari sisi Kaliurang dengan mengunjungi Museum Gunungapi Merapi, kini kembali menyusuri lambung Merapi dari sisi Selo. Terhenyak termangu saat tiba di dam Kali Apu bagian dari Sabo Merapi, ini dia tampilannya….

2. Dam Kali Apu sebagai jembatan

Dam Kali Apu sebagai jembatan (September 2013)

5. arah hulu Dam Kali Apu

arah hulu Dam Kali Apu (September 2013)

Dam Kali Apu bukan hanya menjadi penahan sedimen dari lahar hujan Gunung Merapi, namun sekaligus menjadi bagian dari penggerak perputaran ekonomi masyarakat sekitarnya. Dam Kali Apu, Simbol Persahabatan dengan Gunung Merapi, demikian yang saya coba gambarkan di kebun sebelah.

Dam Kali Apu - jembatan tanpa penghalang

Dam Kali Apu – jembatan tanpa penghalang yang lantak oleh lahar hujan (Juni 2014)

Dam Kali Apu arah kulu (7 Juni 2014)

Dam Kali Apu arah kulu (7 Juni 2014)

Dam Kali Apu menjalankan fungsinya mengarahkan dan menghadang lahar hujan guguran lava yang menggelontor turun bersama hujan. Hanya dalam hitungan bulan (Sept 2013 ke Juni 2014) pandangan ke arah hulu berubah total, kini dasar sungai menjadi sejajar jembatan. Aliran batu-batu besar menghantam penghadang pagar jembatan.

Seiring dengan itu truk-truk pengangkut pasir riuh beroperasi mengangkat material dari ‘sungai’ agar segera berkurang dan memberi ruang bagi kiriman lahar dingin berikutnya dari puncak dan lereng Merapi. Pasir harus diangkat dari dasar sungai, beban muatan truk pasir menindas kekuatan badan jalan menjadi bagian pusaran permasalahan penambangan pasir di lereng Merapi yang senantiasa dihadapi rekan-rekan dari Dinas PU. Demikian catatan sekilas saat termangu di dam Kali Apu….