Tag

, , , ,

Pesona Simfoni Alam

Simfoni menurut KBI online berarti musik yg ditulis untuk orkes lengkap (biasanya terdiri atas empat bagian). Beberapa hari ini pagelaran simfoni alam sungguh mempesona, merdunya suara serangga yang berasal dari perpaduan suara jangkrik, tonggeret dan gangsir membelai pendengaran.

Menurut pranata mangsa (bahasa Jawa pranåtåmångså, berarti “ketentuan musim”) versi Kasunanan yang berlaku untuk wilayah di antara Gunung Merapi dan Gunung Lawu, saat ini berada di musim kasanga (ke 9) atau Jita, mangsa rendheng – pangarep-arep, dengan rentang waktu 1-25 Maret atau juga disebut mangsa mareng menuju peralihan ke musim kemarau. Sebagai candra penciri adalah wedharing wacånå mulyå (“munculnya suara-suara mulia” yaitu beberapa hewan mulai bersuara untuk memikat lawan jenis). Tanda-tanda alam sebagai tuntunan bagi petani adalah padi berbunga; jangkrik mulai muncul; tonggeret dan gangsir mulai bersuara, banjir sisa masih mungkin muncul, bunga glagah berguguran.

Pranatamangsa merupakan kekayaan kearifan lokal, membaca dan memaknai tanda-tanda alam dan menjadikannya sebagai ketentuan/tuntunan/pedoman aktivitas yang bergantung pada kondisi alam seperti kegiatan bertani secara alami. Ketentuan tersebut bersifat lokal/regional dan temporal karena sangat dipengaruhi oleh kosmografi dan klimatologi setempat. Hampir setiap daerah memiliki semacam pranatamangsa ini, Bali yang kental dengan budaya dan pertanian memiliki Kerta Masa, etnik Jerman mengenal Bauernkalendar atau “penanggalan untuk petani”, Jepang menurut EM sensei juga menganut tanda-tanda alam untuk aktivitasnya. Perubahan iklim global yang dipacu oleh pemanasan global juga ‘mengacaukan’ pertanda alam sehingga untuk ketepatannya pranata mangsapun perlu di’set’ ulang dengan perubahan-perubahannya.

Nah kembali kepada pesona simfoni alam, bagaimana dengan orkestra serangga di tempat sahabat, tetap terdengar merdukah? Selamat menikmatinya.

Iklan