Tag

, ,

Alun-alun Denggung, Kabupaten Sleman, DIY

Perjalanan dari kaki G. Merbabu menuju Yogyakarta selalu menghadirkan sukacita. Tujuan utama sowan Ibu dan bertemu keluarga adik 3B seraya berkunjung kepada keluarga adik 4S. Menyempatkan diri singgah barang sejenak di rute perjalanan.

Kali ini melenggang di Taman Denggung. Menyatu dengan Alun-alun Denggung, Kabupaten Sleman. Tepatnya di Jaran, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Sore itu sekitar pk 15.36 tiba di Taman Denggung.

Areal parkir Alun-alun Denggung

Areal parkir yang lapang dan sejuk oleh pepohonan besar di Jl Turgo. Cuaca cerah, sengatan matahari sudah sangat berkurang. Mari melemaskan otot kaki, mengambil arah berlawanan dengan jarum jam.

Taman bermain Denggung, Sleman

Menapaki tepian Jl KRT Pringgodiningrat. Menelisik Taman bermain Denggung dengan ikon srati satwa Gajah. Penanda nama Taman Denggung berada di pertigaan antara Jl KRT Pringgodiningrat dengan jalur utama Yogya-Semarang.

Taman Denggung, Sleman

Areal Taman bermain Denggung dengan aneka pilihan permainan. Menikmati ruang terbuka, ayah bunda dapat menemani buah hati mengasah kemampuan kognitif. Melatih ketrampilan psikomotorik, prosotan, kayuh pedal atau yang lain. Juga rasa afektif menghargai alam lingkungan, menjaga permainan dan santun kepada sesama penikmat permainan.

Ruang terbuka hijau berlangit biru di Kab Sleman

Sejajar dengan jalan utama Semarang Yogya, mari nikmati ruang terbuka hijau, alun-alun Denggung kebanggaan Kabupaten Sleman. Hamparan rumput menghijau, pepohonan rindang yang memagarinya. Langit biru memayungi alun-alun ini. Hirup udara segar, reguk oksigen ke paru-paru.

Jajaran pohon beringin alun-alun Denggung

Pk 15.50an saya sampai di ujung alun-alun sisi Utara. Berhadapan persis dengan Sleman City Hall yang megah. Dari sudut ini bentang alun-alun Denggung keseluruhan terlihat cantik. Deretan pohon Beringin, tumbuhan khas alun-alun.

Sleman City Hall nan megah
Bentang alun-alun Denggung….

Berhenti sejenak, menyesap pandang seorang bunda sedang santai menunggi buah hatinya menggambar atau mewarnai ya. Jajaran kuda-kuda sandaran gambar tersedia. Nah mau lanjut nyemil-nyemil jajanan yang disajikan pada deretan kuliner lokal?

Para bocah cilik menggambar dan mewarnai

Tentunya tetap terapkan prokes ya. Saya memilih lanjut jalan. Beberapa teruna sedang asiik berseluncur di Denggung Skatepark dengan aneka lintasan yang menantang dari datar pun seluncurannya.

Perpustakaan Daerah di samping alun-alun Denggung

Nah…. tambah asyiik bila lanjut mampir di Perpustakaan Daerah dengan polesan cat jingga cerah ini. Pengunjung akan menikmati bacaan jendela dunia, saya tidak mencermati jam operasional layanannya.

Aktivitas di Taman dan Alun-alun Denggung

Pada sudut alun-alun ini terlihat beberapa penikmat jogging mengitari alun-alun. Beberapa remaja asik berebut bola lah main sepak bola. Tidak sedikit yang nyantai duduk bercengkerama dengan keluarga di ruang terbuka. Oh ya tersedia free hotspot loh untuk akses internet. Lanjut ke jalan Turgo areal parkiran. Keteduhan pohon yang menyediakan banyak gazebo dengan bangku duduk. Cukup banyak loh pengunjungnya.

Pk 16.02 penanda di jepretan saya untuk area Alun-alun Denggung ini. Sekitar 26 menit menjadi bagian dari ruang terbuka hijau Alun-alun Denggung. Mari bersama kita rawat kelestariannya. Hijau lingkungannya, sehat penduduknya.