Plantera Fruit Paradise (Kebun Buah Ngebruk)

Bila di ibukota ada Taman buah Mekarsari, di Jawa Tengah juga ada Agrowisata dengan andalan buah yaitu Plantera Fruit Paradise yang berada di Kebun Ngebruk, Desa Sidokumpul, Kec Patean, Kab Kendal. Surga buah unggul, surga dalam rasa adalah slogannya dengan andalan durian monthong, buah naga, klengkeng itoh, rambutan rapiah maupun binjai, srikaya grand anona, jambu air citra.

Beberapa jenis buah merupakan tanaman yang berbuah sepanjang masa, beberapa jenis merupakan buah musiman, sedangkan 2 komoditas yaitu durian monthong dan klengkeng diatur periode pembungaan dan pembuahannya sehingga tersedia buah hampir di sepanjang masa.

Pertanaman kebun buah ditata secara apik mengikuti kontur lahan, tersedia fasilitas safari maupun tour buah sehingga pengunjung dengan nyaman mengelilingi kebun dengan pemandu. Tersedia beberapa paket wisata, Fruit safari, fruit tour dan fruit paradise.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hamparan kebun durian monthong yang menggemaskan, buah bergelantungan sangat pendek beberapa hampir menyentuh tanah. Dilanjutkan dengan hamparan tanaman klengkeng dengan buahnya yang sarat menutupi kanopinya. Pengaturan pemangkasan, pemupukan menjadi kunci pengaturan masa pembungaan. Tanaman pinggir diisi dengan kelapa jenis Pandan wangi (serasa minum sirup cocopandan ya). Hamparan luas buah naga jenis red dragon dengan daging buah merah keunguan rasa manis segar. Di setiap hamparan kebun terdapat terminal dengan nama buah, misal di kebun durian terdapat terminal durian.

Untuk Fruit tour tersedia mobil wisata yang akan mengantar berkeliling, drop di satu tempat bila pengunjung ingin lebih puas dan dijemput oleh mobil wisata yang lain. Untuk keperluan pengairan terdapat sumber air alami yang dipompa kemudian dialirkan dan ditampung dalam bak-bak penampung orange menyolok, untuk distribusi ke lahan menggunakan gaya gravitasi dengan selang-selang, tindakan irigasi yang efisien mengingat air merupakan sumberdaya alam yang harus digunakan secara bijak. Terdapat pula embung yang dibuat untuk menampung air hujan yang secara kreatif juga dikemas untuk beberapa permainan wisata air dengan paket plantera adventure.

Lelah mengelilingi kebun, pengunjung disambut dengan toko buah yang menjual hasil kebun dengan penataan pajangan buah yang menarik, naga merah mencolok, berpadu dengan grand anona memikat, keceriaan melon kinanti dengan kulit kuning keemasannya, ataupun durian berpita merah. Harganya, hmm lumayan (agak) mahal namun tetap banyak dibeli. Berdampinngan dengan toko buah adalah cafe dengan aneka sajian. Nasi pecelnya enak, es krim ubi ungu lezat, jus buah naga merah keunguan layak dinikmati.

Pengunjung kebun sangat beragam mulai dari kelompok pelajar, pasangan muda-mudi, keluarga muda yang ingin memperkenalkan alam bebas sambil memfasilitasi pembelajaran di alam bagi sang buah hati. Beberapa keluarga mendampingi orang tuanya ada yang masih bisa berjalan sendiri dengan dituntun, beberapa mempergunakan alat bantu tongkat ataupun didorong dengan kursi roda. Bahkan pada kunjungan lalu, mobil wisata menjemput pengunjunng di tempat parkir mobil dan … seorang ibu digendong dari mobil pribadi ke mobil wisata didampingi putrinya seorang ibu muda. Dalam fisiknya yang lemah terbatas sang ibu menikmati udara bebas dengan dukungan penuh dari keluarganya. Tertarik mengunjunginya semoga informasi berikut dapat membantu.

Iklan