Tag

Melacak mBok Galak

Bagi jagad perjajanan perdhaharan tlatah Surakarta Hadiningrat, nama mBok Galak cukup kawentar. Kamipun melakukan pelacakan di suatu malam berhujan di Oktober 2012, dan misi gagal karena sudah tutup. Pelacakan kembali dilaksanakan di penghujung tahun 2013, dan disinilah kami menatap dan menyantap kegalakan olahan si mbok ….. Oh ya lokasi tepatnya di Jl Ki Mangun Sarkoro No 122 di sekitar kampus UTP daerah Sumber, dari arah Semarang belok ke kiri setelah Manahan atau arah Purwodadi dari terminal bus Gilingan Solo.

Mbok Galak

Mbok Galak

Misi nyaris gagal kembali karena yang kami buru tengkleng andalan telah habis, untuk tengkleng disarankan  datang sebelum tengah hari. Berbekal ajian tak ada tengkleng, olahan tongseng, gule, sate maupun sate buntelpun jadi, kamipun bersiaga menempati bangku dingkliknya. Kiat sajikan secepatnya, jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama pesanan kamipun digelar, ini dia tampilannya. Menghentikan bujukan lidah tak bertulang, teknik siapkan semuanya lengkap dalam 1 piring sekian tusuk sate, sekian sendok masing-masing lauk, meniru model suguhan racikan, nikmati dan kunci gerakan mau nambah diterapkan.

Mbok galak parade

Mbok galak parade

mbok galak sate buntel

mbok galak sate buntel

Mari bukukan rasa, masing-masing olahan terasa sedep di lidah (lidah saya hanya mengenal rasa enak dan sangat enak), terlebih untuk sate buntelnya dengan daging cacah lembut hmm serasa ada sentuhan Timur Tengah ala kebab di masakan Jawa. Menurut penjualnya yang paling cepat habis adalah tengkleng, diikuti tongseng dan sate, lalu gule yang nota bene jerohan campur sari iso babat dll. Apakah ini indikasi pilih yang daging dan lemaknya paling sedikit disantap dahulu dari aspek kesehatan atau model nikmati yang ringan dahulu dan gongnya kemudian.

mbok galak show

mbok galak show

Tidak bisa menyaksikan polah tukang bakar karena letak bakaran sate di bagian belakang, kami menyaksikan krida penyaji gule yang tinggal sendok saji dari panci besar di atas bara api. Untuk penyiapan tongseng sedikit berbeda dengan yang biasa ditemukan dimasak dalam porsi tunggal, tongseng mbok galak dimasak dalam porsi borongan dan siap disajikan secara cepat.  Nah sahabat yang sedang berkunjung ke kota ini, olahan mbok Galak layak dilacak. Salam