Tag

, , , ,

Jejak Mas Karebet di Taman Tingkir, Salatiga

Taman Tingkir berlatar G. Merbabu

Taman Tingkir berlatar G. Merbabu

Puji syukur kini warga Kota Salatiga semakin lega memilih ruang terbuka hijau. Selain Lapangan Pancasila (Pansi) yang berupa alun-alun Kota Salatiga, Taman Kota Salatiga yang berada di Bendosari, Selasar Kartini di Jalan Kartini, kini tersedia Taman Tingkir di Kecamatan Tingkir. Kecamatan Tingkir adalah bagian dari 4 kecamatan di Kota Salatiga, bersama Kecamatan Sidorejo, Sidomukti dan Argomulya.

[Tingkir? Ingatan melayang ke sejarah Jaka Tingkir alias Mas Karebet (sang putra angkat Ki Ageng Tingkir) yang akhirnya bergelar Pangeran Hadiwijaya raja Pajang. Wilayah Tingkir dipercaya sebagai bagian persinggahan Mas Karebet] Bersama mas Ragil kami mengunjunginya hampir tengah hari, cuaca sangat cerah, langitpun membiru. Yook melacak jejak Mas Karebet di Taman Tingkir Salatiga.

Taman Tingkir - paru-paru Kota Salatiga

Taman Tingkir – paru-paru Kota Salatiga

Salatiga di kaki G. Merbabu, yup pastilah diilih lokasi Taman Tingkir dengan pemandangan berlatar G. Merbabu. Salah satu kaidah taman kota adalah fungsinya sebagai penyedia ruang terbuka hijau, fungsi paru-paru kota. Yook bernafas dalam, hirup udara segar serasa proses pembilasan paru-paru.

Taman Tingkir-olah raga yook

Taman Tingkir-olah raga yook

Kota kecil Salatiga tercatat kiprahnya dalam prestasi olah raga nasional. Yang terkenal adalah atletik khususnya pelari. Taman Tingkir menyediakan lapangan untuk tennis, track jalan kaki hingga jalan cepat. Sehat warganya, kuat kotanya.

Taman Tingkir-taman ria

Taman Tingkir-taman ria

Membaca sejarah Kota Salatiga, kota ini terkenal indah cantik sehingga dipilih oleh Belanda sebagai kota tetirah. Keberadaan taman sari tinggal kenangan nama di daerah sekitar Salatiga nol di dekat rumah dinas walikota yang kini berdiri mall megah. Setidaknya masih melekat nama RM Tamansari. Taman Tingkir menyediakan beberapa spot ruang bermain, yah ngenggar-enggar ati (menghibur hati) di Taman Tingkir.

Taman Tingkir-mendulang energi surya

Taman Tingkir-mendulang energi surya

Sebagai perwujudan go green yook memanen tenaga surya, beberapa panel surya sebagai elemen lampu taman. Taman Tingkir juga didominasi oleh tanaman pucuk merah Syzigium oleana sehingga terasa meriah. [warna merahnya mengingatkan saya pada siasat Jaka Tingkir menundukkan kerbau gila alias Kebo Danu untuk memikat hati Sultan Trenggana]

Taman Tingkir- perekat komunitas

Taman Tingkir- perekat komunitas

Taman kota juga menjadi elemen perekat komunitas. Tersedia beberapa pendapa alit alias gazebo untuk kumpul-kumpul. Berharap penyelenggaraan lomba mendongeng Jaka Tingkir di Taman Tingkir di gazebo cantik ini.

Terima kasih Pemkot Salatiga yang berupaya menyediakan ruang terbuka hijau bagi warganya. Ayo Kerja Bebarengan mBangun Salatiga. Setiap pemangku yang berkepentingan melakukan pengelolaan Taman Kota dengan baik. Komunitas yang peduli dengan taman kota sebagai taman pendidikan yook kerja bareng semisal penamaan yang tepat dari pepohonan di taman. Warga pengguna, mari wujudkan syukur melalui memelihara kebersihan dan kelestarian taman yang dibangun dengan biaya kita bersama.

Artikel terkait:

Kunto Bimo di Taman Kota Salatiga

Sejenak di Selasar Baca Kartini

Salatiga Sketsa Kota Lama