Tag

, , , ,

Ramalan Bola Kristal Campbell Stokes (Matahari dan Awan Berkomunikasi dengan Bumi)

Campbell Stokes Recorder si Bola Kristal

Campbell Stokes Recorder si Bola Kristal

Salah satu bacaan masa kecil yang berkesan adalah para wanita Gipsi dengan dandanan khas serta kinclongnya bola kristal alat ramal pamungkasnya. Lhadalah ketika belajar iklim dan cuaca kami diajak melihat peralatan pengukur parameter cuaca, kami serempak berteriak…bola kristal perempuan Gipsi…yang langsung ditimpali kakak asisten, “nah yang ini namanya Campbell Stokes recorder, pencatat radiasi sinar matahari” [kejadian puluhan tahun silam yang selalu jadi kenangan manis] Pola pikir seperti ini jugakah penyebab hilangnya Campbell Stokes recorder di stasiun klimatologi kebun, petugas tergopoh melapor bola kristalnya dicuri orang….

Beberapa waktu lalu kami berkunjung ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi Klas I Semarang, tepatnya Jl Siliwangi 291, dekat dengan bandara A. Yani. Usai keperluan sekalian ah berkunjung ke taman alat yang berada di halaman belakang, bertepatan dengan kunjungan hampir seratusan mahasiswa UNDIP.

Stasiun pemantauan, pengukuran maupun pencatatan data-data cuaca aktual, pemantauan data-data pendukung dasar prakiraan cuaca serta integrasi antar data untuk kepentingan yang lebih besar. Memasuki pertengahan Mei, cuaca semakin gerah, panas matahari terasa menyengat, semribitnya angin hampir tak mampu menggeser penunjuk air raksa termometer suhu di siang hari. Yap semuanya terekam di peralatan di taman alat ini.

Pengukur radiasi matahari dari manual, semi hingga otomatik

Pengukur radiasi matahari dari manual, semi hingga otomatik

Sangkar cuaca

Sangkar cuaca

Kebayang kalau membawa buah hati di area ini seraya memperkenalkan, ini loh nak ombrometer pencatat curah hujan, ooh itu bukan sangkar burung merpati namun sangkar cuaca didalamnya tersimpan termometer bola basah bola kering. Proses pembelajaran menjadi semakin menarik dan memberi dasar yang kuat karena sambil melihat, tak perlu njlimet bagaimana mekanisme, proses penanaman awareness memancing curiosity pada saatnya mereka akan menggali lebih dalam atas kesadaran sendiri. Bagaimana hubungan antara data cuaca dan keselamatan penerbangan, teknologi komunikasi dll. Bagaimana perubahan iklim mempengaruhi kesehatan, penyediaan pangan dll.

Ombrometer, penakar hujan dari manual hingga otomatik

Ombrometer, penakar hujan dari manual hingga otomatik

Sekedar oleh-oleh saat menatap matahari dan awan sedang berkomunikasi dengan bumi….

Matahari dan awan berkomunikasi dengan bumi

Matahari dan awan berkomunikasi dengan bumi

[Sebagai Stasiun Klimatologi Klas I, selain peralatan pengukuran dan pengamatan outdoor yang lengkap, perlengkapan peralatan indoor maupun aktivitasnya luar biasa canggih. Pemantauan, analisis, integrasi dengan komputasi maupun data satelit. Stasiun ini selain pemasok data nasional juga mengirim data ke badan internasional World Meteorological Organization (WMO)]