Tag

, , , ,

Pesona Partini Tuin dan Partinah Bosch (Taman Cinta Kasih)-seri 2

Postingan ini merupakan kelanjutan dari Partini Tuin

Partinah Bosch

Partinah Bosch

Partinah Bosch

Sebagai pusat taman adalah kolam bundar berdindingkan batu kali utuh dengan patung wanita cantik berbusana Eropa sedang duduk, itulah GRAy Partinah. Areal ini sangat terasa citarasa lansekap Eropa, dengan model taman formal simetrisnya.

Partinah Bosch-Hutan kota-ruang terbuka hijau

Partinah Bosch-Hutan kota-ruang terbuka hijau

Monumen Partinah Bosch berada di tengah hamparan pepohonan rindang seperti trembesi, beringin juga aneka tumbuhan langka. Banyak kursi taman tersebar di areal sebagai sarana rekreasi bersama keluarga. Aneka satwa sangat jinak dibiarkan hidup bebas, ada rusa, kalkun aneka jenis ayam. Memberikan kesempatan buah hati mendekati satwa sekaligus belajar bertanggung jawab mengasihi satwa.

Hutan kota-biarkan buah hati mengenal satwa secara langsung

Hutan kota-biarkan buah hati mengenal satwa secara langsung

Gedung Kesenian dan Panggung Terbuka (Open stage)

Kecintaan terhadap alam juga dipadukan dengan kehalusan cita rasa yang diwujudkan pada kemajuan budaya dan kesenian. Gedung kesenian sebagai wahana pementasan acara budaya semisal wayang orang, ketoprak dengan eksterior yang lukisan tokoh pewayangan dan serambi yang lapang. Gedung berkapasitas 300 menjadi awal kejayaan Srimulat.

Balekambang-taman seni budaya

Balekambang-taman seni budaya

Panggung terbuka berupa teater setengah lingkaran dengan tenpat duduk tatanan batu berporoskan pendapa sebagai sarana pertunjukan kesenian. Bukti bahwa pemerintah daerah memfasilitasi kegiatan kota budaya. Berkapasitas sekitar 1000 penonton sebagai wahana pementasan sendratari Ramayana, keroncong dll yang semuanya gratis bagi penonton.

Taman Reptil

Arah pojok Barat Daya tersedia taman reptil, menarik untuk dicermati dengan berbekal HTM 5K per orang. Aneka reptil dengan variasi umur semisal iguana, ular dan buaya berada di kandangnya. Dengan bantuan pawang beberapa pengunjung dapat berfoto bersamanya, saya pribadi tidak memiliki keberanian dan cukup melihatnya dari jeruji kandang. Perhatian relawan terlihat dari keberadaan satwa dan fasilitas donasi sumber asing.  Bangunan ini berupa tambahan baru di tahun 2012 sebagai wadah dari dari komunitas pecinta reptil.

Taman Reptil-batu asmara-patung katak beraksara Jawa

Taman Reptil-batu asmara-patung katak beraksara Jawa

Keberadaan batu asmara di pojok dilengkapi sumur bandung yang kini permukaannya ditutup papan. Dulu ada kepercayaan pasutri yang membasuh muka dengan air sumur lalu menyentuh batu asmara, rumah tangganya akan langgeng. Syukur bila kini taman itu ditutup saat malam hari dan sumur tidak lagi dipergunakan, sebuah pembelajaran bahwa kelanggengan cinta kasih suami isteri adalah anugerah yang harus diudi, diupayakan pemeliharaannya.

Taman Balekambang Kini

Konsep taman kota yang memadukan alam dan budaya menjadi Taman seni budaya, rekreasi yang bersandar pada edukasi botani bahkan ekologi. Berupa area publik, menjadi sarana taman cinta kasih, dikasihi untuk mengasihi….

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Sehingga kini Taman Balekambang bukan hanya taman tanda tjinta orang tua kepada buah hatinya, namun juga sekaligus tanda cinta dari ibu bumi kepada manusia yang mengasihinya. Sebagai pengikat adalah tanda cinta, bila taman ini diharapkan mampu mempersembahkan udara bersih dan kesegaran kota, setiap pengunjung juga diharapkan mewujudkan tanda cinta melalui pemeliharaannya. Menikmati Taman Balekambang ini serasa telinga dibuai pupuh sekar Kinanthi, rangkaian kecintaan orang tua kepada ananda, meluas kepada sesama manusia, satwa, flora dan lingkungan bahkan antar generasi.

Pintu gerbang utama Taman Balekambang_2

Pintu gerbang utama Taman Balekambang-ukiran terawang

Hingga saat ini pengunjung dapat menikmati secara gratis hanya membayar parkir. Mari kita membayarnya dengan cara memelihara kebersihan, membuang sampah pada tempat yang disediakan, berjalan melalui jalur yang disediakan sehingga rerumputan bebas dari injakan, membiarkan satwa yang dibebaskan tanpa gangguan. Masukan kecil bagi pihak manajemen adalah pengelolaan drainase agar genangan air dapat diresapkan total menambah keindahan sekaligus keamanan dan kenyamanan bersama.

Selamat menikmati Balekambang – taman cinta kasih.