Tag

, ,

Catatan Blusukan Singapore Chiang Mai 2012

Sahabat pembaca Rynari, apa khabar? Salam sehat sejahtera selalu. Hmm…. Menulis juga untuk mengungkit kenangan sekian tahun lalu. Nah ini mencoba meronce ingatan blusukan Singapore-Chiang Mai Februari 2012. Alamak lebih dari 10 tahun yang lalu.

Blusukan Singapore-Chiang Mai Februari 2012

Apa sih istimewanya koq hendak dicatat ulang? Ini perjalanan kami empat sekawan emak kebun. Emak peserta muda bersama kami trio emak pralansia. Nah ini simpulnya, saat itu kami trio emak pralansia yang kini merambah lansia. Pengingat lansia dolan bersama.

Blusukan ini juga kami rancang sendiri sendiri tanpa mengikuti agen wisata. Hehe masih semangatnya bongkar pasang menyusun itinerary, tengak-tengok tiket juga penginapan. Keseruan tersendiri yang kini jadi kenangan hangat.

Pastinya kami berbagi tugas, emak termuda bagian eksekusi pembelian tiket pun pemesanan penginapan secara on line. Sehingga saat berangkat sudah sangat mengurangi bawaan eh uang bekal.

Simbok kebagian menata jadwal dan ampiran blusukan untuk diobrolkan bersama. Bongkar pasang untuk mendapat harga yang manis dan nyaman memenuhi aneka minat pemblusuk. Duo emak menjadi bendahara dolan di masing-masing tempat untuk pengeluaran bersama.

Juga menyiapkan cetak peta pun rute transportasi. Aha masih zaman dolan berbekal gembolan kertas cetak. Aneka moda untuk transportasi lokal dijajal, ada taksi, bus, MRT pun carter kendaraan di tempat tujuan. Jumlah peserta 4 orang sangat nyaman pas untuk 1 taksi ataupun rental kendaraan sedang.

Olala para emak pada dolan? Bagaimana dengan izin keluarga. Kami para emak yang tetap menjalankan tugas rumah tangga. Ibu bagi anak-anak kami, dolan bersama keluarga terkasih. Kami juga para emak kebun yang siap ditugaskan oleh juragan.

Tetap juga menyandang peran sebagai pribadi. Bersyukur keluarga sangat mendukung para emak dolan bareng. Meluangkan me time Bersama emak lain dari tugas keseharian. Terima kasih ya keluarga terkasih pendukung emak blusukan.

Eits sebenarnya apa sih yang jadi tujuan para emak blusukan kali ini? The Royal Flora Ratchaphruek, festival flora tahunan yang diadakan untuk memperingati ulang tahun Raja Thailand yang digelar secara tahunan. Diadakan di kota Chiang Mai, Thailand bagian Utara.

Nah The Royal Flora Ratchaphruek 2011 sedikit diundur waktunya karena ada banjir besar di Chiang Mai. Persiapan yang sudah matang pun menyerah dengan alam. Kami menata jadwal disesuaikan dengan festival yang digelar di bulan Februari 2012, tetap dengan nama The Royal Flora Ratchaphruek 2011.

Sebenarnya banyak jalan menuju Chiang Mai. Kita dapat mendarat di Bangkok kemudian mengikuti jalur darat. Menghitung waktu kami memilih jalur dari Singapore sekalian sedikit mblusuk.

Ini rute kami 21 Feb 2011 pagi kami terbang dari Yogya ke Singapore. Blusukan singkat yang dirancang seputar obyek yang sangat turistik semisal Merlion, Pulau Sentosa, menapakkan jejak emak kebun di Botanical Garden. Beberapa waktu kemudian tersadar melupakan Garden by The Bay, pertanda para emak kebun harus balik lagi hehe.

Hari ke 3, 23 Feb 2011 malam kami terbang dari Singapore menuju Chiang Mai, mendarat hampir tengah malam. Selain The Royal Flora Ratchaphruek 2011, pastinya memasukkan kunjungan ke long neck village. Menyempatkan susun Mai Ping river yang membuat driver rental geleng kepala, diajak ke galeri sutra dan perhiasan tidak jenak malah blusukan ke sungai.

Hari ke 6, Kembali ke Singapore dengan penerbangan tengah hari. Hari ke 7 saatnya kembali penerbangan ke Yogyakarta. Kini menuliskannya sambil senyum simpul olala emak kebun blusukan ala nyleneh. Setiap perjalanan menghadirkan kesenangan dan ceritanya sendiri.

Melatih kestabilan detak sel kelabu ingatan, simbok akan mencoba menuliskan blusukan. Metode cerita ala kronologis dengan bantuan foto yang ada akan digunakannya. Tentunya dengan cara pandang dan teknologi ala awal 2012. Yook cekidot lanjutannya.

Blusukan Singapore Chiang Mai 2012, day 1. Dari Yogyakarta Terkejut di Singapore Flyer

Blusukan Singapore Chiang Mai 2012, day 2. Tertawan di Pulau Sentosa

Blusukan Singapore Chiang Mai 2012, day 3. Senyum Miss Joaquim di Situs Warisan Dunia

Blusukan Singapore Chiang Mai 2012, day 4-5. Pesona Mawar Utara

Blusukan Singapore Chiang Mai 2012, day 6-7.