Tag

, ,

Menyemai Peduli Bahari (di Taman Rekreasi Pantai Kartini)

Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa……

Pantai Kartini

Pantai Kartini, Jepara

Lirik lagu tersebut diperkenalkan sejak masa kanak-kanak untuk memupuk rasa cinta bahari mengingat Negara Indonesia adalah Negara kepulauian dengan samudera sebagai sumber kejayaan dan kekayaan. Bila di Ibukota Jakarta ada aneka fasilitas untuk menyemai peduli bahari semisal Sea World, Jepara sebagai kota pesisir menyediakan Kura-kura Ocean Park di Taman rekreasi Pantai Kartini.

Melanjutkan perjalanan dari Sentra industri kerajinan monel, keluarga kebun blok JT1 menikmati rekreasi di Pantai Kartini Jepara. Memasuki gerbang taman rekreasi, pengunjung disambut dengan pepohonan menjulang menaungi kawasan parkir dan aneka kios sehingga suasana teduhnya sedikit meredam hawa panas yang menguap dari pantai Utara Jepara.

Teduhnya Pantai Kartini

Teduhnya Pantai Kartini

Mari bebaskan anak-anak berlarian di taman Pantai Kartini, aneka sarana transportasi setempat tersedia untuk menggantikan acara berjalan, ada otoped, sepeda dll. Bila kaki terasa capai tersedia kereta dengan biaya sekali naik 5K. Bagian tengah berupa plaza dengan patung Ibu Kartini sebagai identitas, ruang yang sangat lapang sekaligus cukup panas untuk memandang ke segala arah.

mogok jalan...naik kereta yook

mogok jalan…naik kereta yook

Menyusuri tepian pantai kita bisa mengenalkan kehidupan nelayan kepada buah hati terkasih, jajaran perahu nelayan sarana penjemput rezki dari laut. Angin darat, angin laut, haluan maupun buritan dapat diperkenalkan melalui pembelajaran langsung di alam pesisir. Mari nak, bersenandung…

Bukan lautan hanya kolam susu.
Kail dan jala cukup menghidupimu.
Tiada badai tiada topan kau temui.
Ikan dan udang menghampiri dirimu……

Perahu Nelayan Pantai Kartini

Perahu Nelayan Pantai Kartini

Ikan dan udang menghampiri dirimu

Ikan dan udang menghampiri dirimu di Pantai Kartini

Ingin menikmati semilirnya angin laut, mari jalan sejenak ke bagian anjungan beratap di atas perairan. Mari nikmati bekal (jangan lupa kumpulkan sampah dan buang pada tempatnya ya nak…) bercengkerama bersama keluarga. Mari amati cakrawala, ada sejuk dari penguapan menuju siklus air….. Pemandangan lepas ke segara arah… Pulau Panjang di seberang Pantai nampak melambai ditingkah seruan dari pengeras suara mari berwisata ke seberang, sila naik ke perahu penyeberangan (kami menikmati penyeberangan ke Pulau Panjang, nanti dari Pantai Bandengan).

Anjungan pantai kartini

Anjungan pantai kartini

Ayoo pangeran dan putri…… saatnya mengenal isi laut, lihat itu gagahnya kura-kura besar …Kura-kura Ocean Park. Melalui mulutnya kita akan menikmati keindahan fauna laut kekayaan bahari Nusantara dengan biaya tanda masuk 35K. Ruangan yang adem dan penataan yang apik serta pemasangan tanda pengenal informasi pada masing-masing bagian sangat membantu kita menjelaskannya saat mendampingi buah hati belajar misteri bawah laut. Lihat cantiknya rabbit fish, butterfly fish, angel fish, ooh ada pula hiu putih….

Kura-kura Ocean Park Jepara...masuk yook

Kura-kura Ocean Park Jepara…masuk yook

kura-kura ocean park Jepara

kura-kura ocean park Jepara

Koleksi Kura-kura Ocean park

Koleksi Ikan di  Kura-kura Ocean park

Puas belajar sambil bermain dan ingin memiliki kenangan aneka produk berlogokan Pantai kartini, yook Bunda temani berbelanja aneka kaos, topi ataupun produk olahan dari laut.

Tambak di samping Pantai kartini

Tambak di samping Pantai kartini

Saatnya pulang yook, bila melayangkan pandang ke arah kanan (dari pintu masuk) atau ke arah kiri saat keluar tampak jajaran tambak, disitulah nelayan membesarkan nener menjadi bandeng dan benur menjadi udang yang lezat dan kaya gizi. Mari menyemai peduli bahari di taman rekreasi Pantai Kartini. Salam bahari 

Iklan