Tag

, , , , , , , ,

Jembatan Sepanjang Jalan

Jembatan Sepanjang Jalan

Berapa jumlah jembatan di sepanjang tol Semarang-Bawen? Halah koq ya kober-kobernya (sempat-sempatnya) menghitung? Menarik juga loh memperhatikan jembatan sebagai selingan saat lewat jalan tol.

  1. Sebagai jembatan pertama dari arah Semarang adalah jembatan Banyumanik 1 sepanjang 170m.

Jembatan Banyumanik 1

2. Disambung jembatan Banyumanik 2 sepanjang 304m.

Jembatan Banyumanik2

3. Jembatan Gedawang 470m. Usai jembatan Gedawang ruas jalan tol melengkung berkelok cantik dengan pandangan di depan sosok gunung membiru, lengkung berujung gunung

Jembatan Gedawang

Lengkung Gedawang berujung gunung

4. Jembatan Susukan 470m. Segera terlihat lengkung cantik, pilar penyangga jembatan mengintip dari arah bawah. Suka sekali dengan lengkung ini.

Jembatan Susukan

Lengkung Susukan

5. Jembatan Penggaron. Jembatan ini menjadi penanda bagi pengendara yang akan keluar melalui Ungaran exit. Ruas ini merupakan salah satu ruas favorit saya, di kiri kanan terlihat kerimbunan hutan pinus Penggaron. Gegara terpikat bangunan menonjol berwarna oranye gonjreng di kerimbunan hutan pinus saya pernah menyambanginga usai dari vihara Watu Gong, Vihara Avalokitesvara Srikukus Redjo Di Gunung Kalong di desa Susukan Ungaran di lereng Penggaron.

jembatan Penggaron

6. Jembatan Tinalun tak jauh dari pintu keluar masuk ruas Ungaran. Alamak gagahnya pasangan Merbabu dan Telomoyo seolah ngawe-awe melambai mengundang pengguna jalan tol.

Jembatan Tinalun

Sambutan Merbabu dan Telomoyo pasca Jembatan Tinalun

7. Jembatan Lemah Ireng 1 disambung dengan lengkung apiknya. Penanda pintu keluar ke arah Bawen hampir tiba.

Jembatan Lemah ireng 1

Lengkung lemah ireng 1

8. Jembatan Lemah Ireng 2 dengan bonus kelokan menawan

Jembatan Lemah ireng 2

Lengkung lemah ireng 2

Tralala sampailah di pintu keluar Bawen. Sementara ruas Bawen-Salatiga masih dalam penyempurnaan meski sudah diujicoba saat lebatan 2017 ini. Pintu keluar Salatiga di daerah Tingkir dengan sambutan Merbabu gagah konon memberikan panorama yang sangat elok, seruan mirip di Swiss ada yang nyeletuk seperti di Holland dll. Tampilan cantiknya bertebaran di instagram.

Exit tol Bawen-ruas Bawen – Salatiga dalam penyempurnaan

Jadi ada berapa nih jumlah jembatan di sepanjang ruas tol Semarang-Bawen? Rentang waktu pengambilan gambar pertama 07.32 dan foto terakhir 07.47 yuup 15 menit dengan pemandangan perbukitan dan lembah menawan.

Jembatan menurut KBBI adalah 1 jalan (dari bambu, kayu, beton, dan sebagainya) yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya); titian besar; 2 ki perantara; penghubung. Sebagai penyuka sungai tentunya juga pengagum jembatan. Ada sensasi khas saat melewati jembatan, antara rasa ingin berlambat untuk menyesap sisi di belakang dan ingin bersegera untuk menghadapi sisi di depan.

Jembatan sebagai perantara alias penghubung termasuk penghubung antar masa. Terlihat bahwa perjalanan kehidupan juga rangkaian jembatan masa/waktu. Jembatan penghubung antar hari, antar bulan, antar tahun, antar peristiwa yang diperhadapkan kepada kita setiap pelintas jalan kehidupan. Foto saya ambil usai mengantarkan mas Ragil ke Semarang untuk kembali merantau, menyusuri dan melintasi jembatan kehidupannya. Mari kita nikmati jembatan sepanjang jalan.

Iklan