Tag

, ,

Piwelas….Piwales

kuncup welas asih

kuncup welas asih

Piwelas….berasal dari kata dasar welas yang bermakna iba, kasih, murah hati. Awalan pi menjadikannya kemurahhatian, curahan kasih maupun keibaan. Piwales….berasal dari kata dasar wales yang bermakna balas. Awalan pi menjadikannya pembalasan.

Piwelas dan piwales dua kata yang terdiri dari tujuh huruf yang sama persis hanya berbeda susunannya dan membentuk makna yang berlainan nyaris berlawanan. Piwelas menghadirkan rasa syukur dan suka cita bagi penerima kemurahhatian maupun yang melakukan curahan welas asih. Piwales menghadirkan rasa suka atau malah tersiksa bagi penerima balasan. Bagi pelaku pembalasan merasakan efek senang dan kepuasan dalam artian positif maupun negatif.

Dua kata yang sering disalahucapkan, saling berbenturan dalam hati dan pikiran, hasrat meruahkan piwelas dihantui rasa ingin melakukan piwales dan diwujudnyatakan dalam tindakan. Piwelas meniadakan piwales atas perbuatan jahat yang diterima, piwales menyirnakan piwelas yang hendak berkuncup di hati. Piwelas wajib dipelihara, piwales bukanlah hak kita. Semoga benih welas asih menyemai piwelas dalam jiwa.