Tag

, , , ,

Taman Nasional Baluran – Sepanjang Jalan Kenangan

Senja di Savana Bekol Baluran

Sebagai salah satu Taman Nasional (TN) tertua di Indonesia, keelokan TN Baluran di kawasan Situbondo tak terbantahkan. Sebutan Little Africa in Java menggambarkan kekhasan savana yang mencapai 40% dari total luasan TN Baluran yang 25 000 ha. Belum mendapatkan ide menyajikan postingan kunjungan ke TN Baluran sebagai bagian Sunrise of Java Trip, menyajikannya ala sepanjang jalan kenangan saja.

Pintu masuk_144734

Peta Taman Nasional Baluran (sumber:)

Peta Taman Nasional Baluran (sumber veeveeayusim blogspot)

Waktu menunjukkan pk 14.47 saat kami sampai di gerbang masuk di tempat pembelian tiket. Selama pemandu membelikan tiket kami amati suasana sekilas, mencamkan larangan memberi makan satwa di TN Baluran. Yook saatnya perjalanan dimulai, sejauh 12 km ke depan akan melewati hutan semusim dan hutan sepanjang tahun dengan perkiraan waktu tempuh selama sekitar 1 jam, hah 12 km satu jam?

Jalanan makadam di areal hutan semusim_152932

Teduhnya hutan semusim di akhir musim penghujan, pada saat kemarau areal ini akan menguning lalu kering. Mobil merayap pelan menghindari lubang-lubang lumayan besar di sepanjang jalan makadam yang terkelupas. Tak usah bosan, jalur ini adalah jalur bird watching dan ini adalah waktunya aneka satwa unggas tampil di jalanan ataupun dedahanan di samping jalan. Mas Tengah mendapat foto ayam alas, burung merak dan kawan-kawannya. emaknya cukup menikmati suara burung tekukur.

Keasyiikan di jalur amatan hewan unggas bonus kijang

Nah kini kami memasuki areal evergreen, pemandangan yang menarik pada musim kemarau, usai melewati hujan semusim yang mengering tetiba masuk ke areal hijau. kebayang eloknya kalau kunjungan musim kemarau ya.

Arel Evergreen_154513

Nah terlihat kan dari waktu pengambilan foto, hampir 1 jam kami masih berkutat di areal hutan sebelum savana. Cantiknya lengkung pepohonan di areal hijau sepanjang tahun ini.

Lengkung evergreen_154634

Awal savana Bekol_160400

Pukul 16.04 kami menapak areal savana Bekol, terkesima dengan hamparannya. Menakar dengan mata jarak ke gardu pandang. hm nggak cukup waktu untuk menjajalnya. Mari lanjut jalan…

Hamparan Bekol dan gardu pandang_160609

Pengkolan Bekol Bama_161837

Pengkolan Bekol Bama, spot wajib foto, teringat pajangan foto tengkorak satwa di banyak majalah wisata. Latar G. Baluran yang menjadi nama TN Baluran terlihat sangat gagah. Apabila para sahabat ingin menginap di savana Bekol tersedia resort di titik ini dekat dengan pos informasi penjagaan. Mari menempuh jalan maju lagi…

Perjalanan ke Pantai Bama _163628

Penanda 16.36 atraksi natural di perjalanan ke Pantai Bama. Induk kera mendekap anak kecilnya…

Pantai Bama_164425

Jarak singkat dari pengkolan Bekol Bama sekitar 3 km, sampailah di spot Pantai Bama. Mumpung belum terlalu gelap, belok dulu lah ke mangrove trail...

Titian mangrove_164737

Bergegas meniti jembatan mangrove yang tak terlalu panjang, bila waktu cukup menarik sekali menikmati jalinan akar dan mengamati tampilan bunga buah mangrove dari dekat. huup sampailah di Dermaga mangrove.

Dermaga mangrove Pantai Bama_164819

Perjalanan balik ke pantai kami nikmati sedikit lebih pelan serasa memeteraikan kenangan bakau pantai Bama. hayook keburu petang..

Jelang senja di Pantai Bama_165912

Meski sejenak, mari buat kenangan mainan masa kecil ayunan jelang senja di pantai Bama di 16.59.

Mari balik ke savana untuk mengantar Sang Surya turun ke peraduan. Terpikat dengan pola vegetasi yang melatar savana Bama. tanaman dengan tampilan palem, pemandu menjelaskan jenis ini hanya hidup dan berproduksi sekali lalu mati. mengabadikan pohon segar, berbuah berjajar dengan pohon meranggas, sekali dalam satu siklus puluhan tahun.

Savana Bama TN Baluran_170327

Mari menikmati atraksi barisan kerbau liar pulang dari merumput. Jalur Bekol pantai Bama melalui jalan yang membelah Savana Bekol dan savana Bama.

Pengagum senja di Savana Bekol TN Baluran

Senjakala saatnya rehat. Waktu menunjukkan 17.22, Mari nikmati kemilau jingga berlatar G. Baluran atau kemilau lembayung berlatar G. Raung

Kemilau jingga senja di savana Bekol TN Baluran_172230

Sebelas sajian angka yang cantik, cukup sebelas menit kami menikmati eksotisime senja di savana Bekol. Kedip lampu sepeda motor pengunjung yang terakhir bersama kami melaju, isyarat kamipun akan undur..

Senja menawan di TN Baluran_173349

Penanda 17.33.49 kami meninggalkan savana Bekol, kembali menapaki jalan kenangan dari ujung savana, perlahan memasuki areal hutan yang terasa menjadi sangat sunyi dibanding saat berangkat. Mengenapkan eksotisme savana Bekol dan ancaman invasi akasia. Ayunan mobil memilih jalan yang lebih rata tak sempat membuat kami mengantuk. Hampir satu jam untuk kembali mencapai pintu gerbang.

Akhirnya…..kami menoleh ke belakang sejenak, ke jalan sepanjang 12+3 km pulang pergi, jalan penuh kenangan akan keelokan TN Baluran. Perjalanan indah dalam momsontrip, terima kasih Mas Tengah kawan sejalan emak.

 

Iklan