Tag

,

Iklan dan gendul

Disini jual bensin eceran sekian ribu rupiah per gendul …..

Tanda tersebut terpampang di salah satu kios penjual bensin eceran dan menjadi salah satu tampilan iklan yang mengesankan bagi saya. Mengenai pengertian iklan menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah: ik.lan [n] (1) berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pd barang dan jasa yg ditawarkan; (2) pemberitahuan kpd khalayak mengenai barang atau jasa yg dijual, dipasang di dl media massa (spt surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Merespon pengertian tersebut penampilan iklan mestinya minimal memuat tiga item yaitu: informasi spesifikasi produk secara benar, kemasan bahasa maupun produk yang menarik serta identitas sebagai penanggung jawab (nama dagang, alamat dll).

Loh tulisan tersebut memenuhi kaidah iklankah? Mari kita simak bersama bagaimana paparan di atas memuat ketiga item dengan sangat baik.

 1. informasi spesifikasi produk secara benar. Paparan …bensin eceran…. per gendul merupakan pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang yang dijual. Memuat spesifikasi dengan apik, tidak tertulis bensin murni tanpa dioplos sehingga memberi ruang bagi para pembeli untuk menyangsikannya ataupun membuktikannya dan ternyata kesetiaan pelangganpun digalang karena ternyata meski tidak tertulis murni tanpa oplosan pelanggan puas dan kembali membelinya. Satuan yang digunakan adalah per gendul…. bukan per liter seperti pada umumnya. Memang pengecer tersebut tidak menyediakan alat ukur volume literan apalagi yang ditera secara berkala cukup gendul dengan permukaan isi sedikit bervariasi sehingga pembeli tidak tertipu bila memang isinya sedikit kurang dari satu liter kan harga per gendul…

2. kemasan bahasa maupun produk yang menarik. Ya menarik dengan segmen pembeli yang tidak selalu harus membeli di SPBU ataupun pembeli yang kepepet karena kehabisan bensin di perjalanan, dalam kemasan gendul alias botol (bhs Jawa) serta bahasanya sangat komunikatif. Berhasil memenuhi kaidah … berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang yang ditawarkan

3. identitas sebagai penanggung jawab. Meski hanya tertulis ..di sini … merujuk pada alamat dan pertanggungjawaban si penjual.

Nyatalah bahwa paparan …. Disini jual bensin eceran sekian ribu rupiah per gendul ….. iklan sederhana yang berupaya melindungi konsumen secara elegan. Postingan ini merupakan iklan terencana dan bagian dari paparan senada dengan kasus berbeda di kebun satunya  tentang perlindungan konsumen atas iklan. Iklan bagaimanakah yang berkesan bagi sahabat?

Iklan