Tag

,

Loh Kelihatan Aslinya ….

Saat terdengar seruan…loh, kelihatan aslinya….perasaan dominan apa yang muncul? Seringnya seruan tersebut dinyatakan dengan nada setengah kecewa. Lah kelihatan aslinya berarti bukan yang palsu kan ya, mengapa koq malah kecewa, bukankah asli lebih berharga dibanding dengan palsu? Nada kecewa muncul karena performa yang tampil tidak seperti yang diharapkan ataupun dicitrakan. Terjadi kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

portulaca merah putih-kombinasi

Portulaca merah putih-kombinasi

Loh, kelihatan aslinya …. Juga terjadi pada tanaman krokot di halaman. Krokot alias Portulaca grandiflora yang biasanya berwarna kombinasi pink-putih, tiba-tiba memunculkan kelopak berwarna pink polos ditengah hamparan dan pada saat yang berbeda gantian muncul kelopak putih bersih. Loh, kelihatan aslinya …. Memang krokot kombinasi yang kami tanam berasal dari hasil persilangan, mengikuti kaidah hukum pewarisan Mendel yang dilepas setelah mengalami hampir kestabilan sifat performa bunga kombinasi. Gregor Johann Mendel, memformulasikan sekian persen sifat/karakter asli tetua berpeluang muncul. Pada saat tertentu karakter asli akan muncul pada produk blasteran ini dan menurut saya pribadi sama indahnya diantara kelopak-kelopak kombinasi muncul kelopak warna tunggal tetuanya.

Loh, kelihatan aslinya ….blog krokot

blog krokot alias portulaca

blog krokot alias portulaca

Hamparan krokot di pot mengingatkan saya pada blog ini yang nampak sebagai blog krokot karena ‘jualan’ krokot melalui postingan pesona portulaca alias krokot, postingan 6 Januari 2012 dan bertahan menjadi postingan sering dilihat hingga saat ini (serasa tangga lagu pada pilihan pendengar saja). Alangkah isengnya saya menyusun kepingan amatan ringan ini dan bisa berkata jenaka… Loh, kelihatan aslinya ….blog krokot

Siapapun kita dalam kondisi apapun kita memiliki ‘keaslian’ dominan maupun resesif dalam satu paket. Bila blasteran persilangan saja memunculkan peluang karakter asli diantara karakter rakitan genetik, apalagi ‘blasteran semu’ alias polesan untuk suatu tujuan tertentu, lah mak bedunduk cemang-cemong, blai kelihatan aslinya….

Iklan