Tag

, , , ,

Mbok dan Mother

Mbok maupun mother digunakan untuk sebutan seorang ibu. Kata lain yang biasa digunakan adalah emak, umi, mama, mami, meme, mamak, mommy maupun madam. Sebutan tersebut tidaklah harus dikhususkan  kepada perempuan yang memiliki anak ataupun keturunan.

Bila diperhatikan, apakah kesamaan antar sebutan tersebut? yah kesamaannya ada pada muatan huruf m. Beberapa karakter yang melekat pada huruf m tersebut diantaranya adalah:

Momong; berkaitan dengan karakter melindungi, menguatkan, menjaga agar momongannya berada di ‘jalur’ aman dan benar. Momong juga memberi kepercayaan dengan tingkat pengawasan tertentu.

Momor; berupaya membaur, menempatkan diri sebagai bagian. Seorang ibu yang sedang berbicara dengan bayinya akan mempergunakan bahasa bayi, saat berbincang dengan putri remajanya mencoba memasuki alam keremajaan sehingga bisa menangkap kegalauannya. Saat mendampingi suami meniti karier membaur dengan perannya sehingga mampu menyelami aspirasi komunitasnya.

Momot; senantiasa meningkatkan kemampuan dirinya sehingga menjadi partner yang seimbang bagi anggota keluarganya, akomodatif terhadap perubahan. Momot juga mengandung makna lubang tanpa dasar sehingga mampu menjadi curahan rasa tanpa harus merembeskannya ke samping ataupun tersakiti apalagi melontarkannya ke permukaan.

Mursid; kecantikan batiniah yang hakiki, menyatunya kata ucap dalam wujud tindak menjadi integritas yang tak terbantahkan.

Murakabi; pembuat keajaiban, yang membuat sesuatu yang tidak nyaman menjadi nyaman, mencukupkan keadaan meski bagi ukuran umum mungkin belum cukup. Pribadi yang membuat setiap anggota keluarga rindu segera pulang ke rumah.

Kelima ma tersebut merupakan falsafah karakter kepemimpinan berakarkan budaya lokal. Nah sahabat, sifat m tersebut tentunya tidak datang dengan sendirinya, memerlukan proses yang panjang. Dan …. sifat tersebut bukan hak istimewa sahabat emak, sehingga sahabat priapun dikaruniaiNya sebagai pancaran sifat Sang Khalik.  Selamat mengenali dan mengasah sifat m tersebut. Salam

Sumber gambar dari sini

Iklan