Tag

, , , , , ,

Tour de Sawah

sawah-menghijau-di-kayuwangi

sawah-menghijau-di-kayuwangi

Halah judulnya gaya amat Tour de Sawah intinya mah saba sawah. Salah satu gaya melancong ala kami adalah blusukan saba sawah. Entah mengapa berada di hamparan sawah, melihat kerbau membajak, menikmati hijau royo-royo, semilir angin menggoyang malai padi, apalagi senyum ceria para sedulur tani saat panen padi menghadirkan rasa adem. Ada rasa tenang dalam harapan semoga kecukupan pangan, rasa ayem ibu pertiwi paring boga (pangan) dan sandhang (pakaian) kepada manusia yang bakti padanya.

Bersyukur Salatiga dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Semarang yang kaya akan luasan sawah. Ini sebagian blusukan kami.

sawah-di-kayuwangi

sawah-di-kayuwangi

Dolan ke dusun Kayuwangi, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru yook….. hijau sawah di lereng Bukit Gajah Mungkur bagian dari hulu Rawa Pening. Permainan teras sengkedan yang cantik untuk menjaga erosi dan sawah agar lestari. Menikmati kilau Rawa Pening dari ketinggian di tepian sawah di Kayuwangi memang menawan. Bekas babatan panen padi menorehkan rasa marem sedulur tani telah menuai bulir keemasan dari sawah.

sawah-berlatar-rawapening-di-kayuwangi

sawah-berlatar-rawapening-di-kayuwangi 

kampung-banyumili

kampung-banyumili

kampung-banyumili-dan-menu-sawah

kampung-banyumili-dan-menu-sawah

Salah satu tempat dolan yang lagi ngehits di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang adalah Kampung Banyumili. Banyumili bermakna air mengalir, yak air mengalir menjamin ketersediaan air modal petani menggarap sawah. Tempat pelancongan ini menjual sawah sebagai menu utamanya. Gazebo alias gubug tersebar di areal sawah yang berbatasan langsung dengan aktivitas petani. Para orangtua dapat memperkenalkan alam dan mata pencaharian kepada buah hatinya. Bersawah…tidak hanya masalah memanen padi menguning. Ada kucuran peluh, bermasker lumpur, berpacu dengan mendung yang menggayut di atasnya.

lumpur-dan-peluh-di-sawah-banyumili

lumpur-dan-peluh-di-sawah-banyumili

saba-kirang

saba-kirang

Saat memenuhi undangan kerabat mantu di Dusun Kirang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh kamipun juga disuguhi pemandangan alam sawah yang cantik. Barisan teras bagai anak tangga yang memagari kali Serang menyajikan kesegaran hijau yang memukau. Mengingatkan saya pada pesona sawah berjenjang tangga Kahyangan yang menghiasi Ranah Minang pun Pulau Dewata. Yook saba sawah

sawah-di-tepian-kali-serang-dusun-kirang

sawah-di-tepian-kali-serang-dusun-kirang

Iklan