Tag

, ,

Sepasang Kura-kura Ndlosor di Pantai Nglambor

Snorkeling bersama ‘‘Kura-kura”

Ajakan tim ‘Bala dhupakan’ kebun untuk rame-rame ke Pantai Nglambor di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul-DIY langsung saya iyakan. Perjalanan lebih dari empat jam dari Salatiga disambung dengan ojek singkat dari tepian jalan raya ke tebing pantai terbayar impas dengan biru kaca beningnya perairan di Nglambor.

1. Nglambor-sepasang kura-kura penjaga

Nglambor-sepasang kura-kura penjaga

Tak puas-puasnya saya memandangi sepasang kura-kura ndlosor…..yup ‘cuilan’ tebing karang dihadapan teluk Nglambor dari jauh terlihat laksana sepasang kura-kura yang saling berhadapan-bersisian. Keduanya menjadi tameng perisai hempasan ombak dahsyat karakter pantai Selatan sehingga alunan ombak menjadi sangat lembut menyentuh pantai pasir putih.

2. Nglambor-view tebing kiri

Nglambor-view tebing kiri

Menahan keinginan segera menapaki pasir pantainya, mari kita nikmati pemandangan dari tebing sebelah kiri. Deru ombak menghempas tebing karang, menggerus bagian yang lemah melontarkannya ke samudera lepas, meninggalkan fragmen pecahan tebing dengan bentukan yang khas. Melalui celah pandan pantai olala kebesaran alam terhampar… Memandang ke bagian teluk, pengunjung menyemut sebagian menikmati beningnya perairan Nglambor yang meneruskan cahaya ke kedalaman airnya, flora fauna laut terlihat seperti di akuarium raksasa. Beberapa menikmati panasnya pasir pantai, bagi yang tidak tahan sengatan matahari mari berteduh di ceruk tebing karang tanpa payung pantai.

3. Nglambor-mengintip dari sela tebing karang

Nglambor-mengintip dari sela tebing karang

4. Nglambor- jernih dari atas tebing

Nglambor- jernih dari atas tebing

Perlahan menuruni undakan nyaris alami menuju kolam kura-kura ndlosor, bila lelah sila singgah sejenak di balai-balai bambu di keteduhan pandan laut yang hampir meloloskan 100% sinar matahari yang diterimanya. Tiba di hamparan pasir, tim oranye dari BNS alias Bintang Nglambor Snorkeling siap melayani pengunjung penikmat panorama dalam laut. Hah…ada snorkeling di pantai Selatan? Yah inilah salah satu keistimewaan Pantai Nglambor, jernihnya perairan dan tenangnya ombak menginspirasi sekelompok pemuda dari Yogyakarta untuk menikmati kegiatan snorkeling yang kemudian berlanjut ke arah bisnis dan kini bergandengan dengan penduduk setempat.

5. Nglambor-snorkeling yook

Nglambor-snorkeling yook

Catatan

Keelokan pantai Nglambor anugerah Sang Pemurah kiranya lestari antar masa. Identitas pantai konservasi semoga mampu mencegah setiap niatan mengganggu keseimbangan ekosistem perairan ini. Bila sepasang kura-kura karang pantai ini rela berendam ndlosor untuk menjaga pantai, tentunya kurang elok bila pengunjung dan pengelola tak menjaga kelestariannya.

Tiket tanda masuk seharga 5K, ojek menuju pantai 5K dan tarif snorkeling 30K (sewa peralatan, pendamping dan dokumentasi)

Iklan