Tag

, , ,

Ganggu gugat

Dalam berbagai lomba ataupun proses seleksi, sering kita membaca ketentuan: keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat atau bersifat mutlak. Loh adakah yang hendak mengganggu dan menggugatnya? Ganggu gugat; gang.gu gu.gat; [v] , meng.gang.gu gu.gat v mempermasalahkan dan memperkarakan. (Referensi:http://kamusbahasaindonesia.org/ganggu%20gugat#ixzz29EoqOZBw). Pernyataan keputusan yang tidak dapat diganggu gugat tidak selalu bermakna otoriter, tidak berkenan menerima masukan, merasa selalu benar. Tersirat penjelasan bahwa dalam menentukan keputusan berbagai pertimbangan telah diberlakukan, sehingga tidak perlu dipermasalahkan ataupun diperkarakan.

Keputusan yang tidak dapat diganggu gugat kita jumpai baik dalam tataran pemerintahan (dari tingkat pusat hingga daerah bahkan RT), dalam lingkungan dunia usaha, dalam kekerabatan masyarakat, keluarga inti bahkan setiap pribadi. Seolah kosa kata ini bertentangan dengan jiwa demokrasi dan rawan pergolakan. (De.mo.kra.si [n Pol] (1) (bentuk atau sistem) pemerintahan yg seluruh rakyatnya turut serta memerintah dng perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat; (2) gagasan atau pandangan hidup yg mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yg sama bagi semua warga negara. Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/demokrasi#ixzz29Et836dE). Pada kenyataannya menampung seluruh aspirasi tidak selalu mudah, belum tentu selalu mendatangkan keputusan paling tepat, bisa jadi menyerap begitu banyak energi sumberdaya dan rawan pergolakan. Bukan pula bermakna mengurangi arti keputusan yang demokrasi dan mengunggulkan keputusan yang tidak perlu diganggu gugat, namun justru hendak mengetengahkan masing-masing ada porsinya sendiri.

Berkenaan dengan tatanan alam pernyataan ataupun hubungan ganggu-gugat bersifat lebih nyata. Semisal si Polan dengan gembiranya mengganggu sarang tawon, semula para tawon masih toleran, namun dengan meningkatnya gangguan …. Brrrr… para tawonpun menggugat, walhasil si Polan menuai bengap tersengat tawon. Aliran sungai yang sejuk gemericik mengalirkan kesegaran, begitu gangguan meningkat melalui beban muatan sampah ditubuhnya, pada saatnya sungaipun menggugat menumpahkan sebagian air dari badannya melalui banjir.

Selamat membuat keputusan yang tidak perlu diganggugat dan menahan diri dari mengganggugugat tatanan alam sekitar kita.