Tag

, , ,

Sirup Kawista (Kawis) Oleh-oleh Khas Rembang

Buah kawista dan sirup

Buah kawista dan sirup

Sirup kawista (kawis) terbuat dari buah yang dihasilkan oleh tumbuhan kawista Limonia acidissima. Tumbuhan ini ditetapkan sebagai flora identitas Kabupaten Rembang dan  sirup kawista menjadi oleh-oleh khas Rembang karena jarang dijumpai di kota lain. Meski tumbuhan ini memiliki penyebaran yang cukup luas di beberapa negara semisal jasirah India, Malaysia hingga Indonesia, tumbuhan kawista ini kurang populer di Indonesia padahal menurut paparan mas Alamendah potensi dan kemanfaatannya cukup banyak.

Sebagai penggemar sirup kawista saya sangat penasaran dengan wujud fisik buahnya. Beruntung saat menghadiri festival hortikultura Jateng III kemarin menjumpainya di stand PemKab Rembang. Berukuran sebesar bola bisbal, kulit buah sedikit bersisik dan sangat keras sehingga kesulitan membelahnya kecuali dipecahkan. Buah yang masak selain mengandung nutrisi karbohidrat juga protein, beta karoten (prekursor vit A), vit B (tiamin, riboflavin) serta sedikit vit C.

Apresiasi untuk upaya keras PemKab Rembang yang berupaya mempromosikan sirup dari flora identitas daerahnya. Semoga suatu saat menemani ketenaran sahabatnya sirup markisa dari Medan maupun Makasar. Penghargaan yang sama bagi hotel berbintang di kawasan Simpang Lima Semarang, yang menyuguhkan sirup/limun kawista sebagai minuman selamat datang dan tamu kebun dari Italipun menikmatinya. Cukup banyak potensi alam yang dapat dikembangkan sebagai sarana berkah kemakmuran seraya tetap menjaga alam.

Iklan