Tag

, ,

Salatiga How Art You#1

Rundown acara Salatiga How Art You 2015

Rundown acara Salatiga How Art You 2015

Salatiga, kota kecil yang tak pernah sepi dari geliat seni budaya. Bagian dari kawasan USA (Ungaran-Salatiga-Ungaran), Salatiga mengadakan acara seru “Salatiga How Art You” selama seminggu (23-30 Mei 2015) di Persipda Kota Salatiga. Adalah Forum Komunitas Kesenian Seni Salatiga yang menggawangi acara ini. Keberagaman seni dan budaya diyakini sebagai simbol kekayaan Negara, Salatiga yang bergelar Indonesia mini sangat menyadari potensi ini sehingga mengelolanya dengan merangkul sinergi pemerintah, masyarakat maupun pelaku seni. Ini tampilan saat pembukaan…..

Walikota dan Salatiga How Art You

Walikota dan Salatiga How Art You 2015

Keseriusan Pemkot diawali dengan kehadiran Walikota di acara pembukaan, beliau membaur dengan masyarakat Salatiga hingga acara usai.

Komunitas seniman Salatiga

Komunitas seniman Salatiga [sebagian pendukung acara pembukaan Salatiga How Art You]

Menu utama hari ini yang disajikan adalah pameran seni rupa yang sebagian digelar di dalam ruangan gedung Persipda (lukisan dan aneka seni rupa), di halaman berupa seni rupa mural dengan aneka media. Saya pribadi sangat terkesan dengan tampilan bertajuk ‘wani mati, wedi luwe‘ yang bermakna berani mati takut lapar dengan visualisasi keris menusuk, darah menetes demi batok berisi keping uang. Kritik sosial yang sungguh mengena, bagian dari perenungan…..

Wani mati wedi luwe

Wani mati wedi luwe

Di penghujung acara, Teater Getar dari STAIN/IAIN menggelar lakon Matilah kau berhala, aneka simbol teatrikal satir sapu-sapu bebersih lingkungan (abiotik, biotik maupun sosial), betapa upyek mengotak-atik situasi demi kepentingan melalui visualisasi putar-balik wajan/penggorengan besar.

Teater Getar dari STAIN Salatiga

Teater Getar dari STAIN Salatiga

Bersyukur sekali dengan kreativitas kaum muda berolah seni. Apresiasi dan terimakasih para sahabat dari aneka sanggar dalam forum seni Salatiga, selamat terus berkarya melalui seni budaya. Mari sahabat, merapat ke Salatiga dengan hajat seni budaya seminggu ini. Dimeriahkan pula oleh  penampilan dhalang cilik Athanasius Allan Dharmasaputra dan ki Bagas Buyut Sarjani dengan iringan karawitan anak2 SMP N 8 Salatiga pada hari Minggu 24 Mei 2015, jam 19.00 s.d selesai… Salatiga how art you….

Iklan