Tag

, , , , , , , ,

Pesona Wedang Tempe

Tempe sangatlah akrab dengan keseharian kita. Adakah diantara kita yang belum mengenal tempe? Nah postingan ini memuat tempe dalam kutipan dan gambar ….

SALATIGA, KOMPAS.com – Tempe sepanjang 2.162 meter, menjadi rekor tempe terpanjang yang dipecahkan hari Minggu (8/7/2012) ini di Stadion Tennis Indoor Kridanggo, Kota Salatia, Jawa Tengah. Rekor itu diharapkan mampu mendorong pembuatan tempe yang higienis, dan mengolahnya secara variatif.
Pembuatan tempe terpanjang tersebut, merupakan hasil kerja sama Pusat Studi Tempe Universitas Kristen Satya Wacana (Pustep UKSW) dengan Forum Tempe Indonesia, Primer Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Primkopti), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Salatiga, American Soybean Association for Singapore and Indonesia, FKS multiagro, USB dan Dinas Koperasi Jateng.
Dibutuhkan 3 ton kedelai, untuk menghasilkan tempe yang beratnya mencapai 4 ton dengan diameter 6 sentimeter yang dibungkus plastik. Sebanyak 110 perajin tempe di Salatiga ikut ambil bagian dalam pembuatan tempe sejak Selasa (3/7/2012) lalu, selain siswa SMA 1 Salatiga dan juga Staf Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW.
Ketua Pustep UKSW, Lusiawati Dewi, mengungkapkan, pemecahan rekor MURI itu bertujuan agar perajin tempe di Salatiga mengembangkan tempe yang higienis. “Tempe nantinya dapat dikembangakan menjadi bahan pangan yang kreatif, baik dalam bentuk makanan dan minuman,” papar Lusiawati.
“Tempe merupakan makanan fermentasi berbasis kedelai asli Indonesia. Dengan adanya pengembangan proses fermentasi tempe, maka diharapkan tempe Indonesia dapat terstandarisasi internasional dalam codex alimentarius,” lanjutnya.
Tempe terpanjang itu kemudian dipotong-potong sepanjang 30 sentimeter, dan dijual Rp 5.000 untuk dua potong tempe.
“Tempe ini nantinya akan digunakan sebagai bahan baku lomba memasak dengan bahan baku tempe di Balairung UKSW, besok mulai pukul 11.00,” lanjut Lusiawati.
Sementara itu Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengungkapkan, tempe terpanjang merupakan kado hari jadi Kota Salatiga.

Berikut tampilan tempe terpanjang yang dimuat pada harian Kedaulatan Rakyat.

Tempe terpanjang rekor MURI 2012

Tempe terpanjang dan tanpa putus terbungkus plastik (Foto: Edi Susanto)

Selaku warga masyarakat Salatiga, kamipun menikmati potongan tempe tersebut yang dibawakan oleh Mas Tengah.

Potongan tempe terpanjang rekor MURI 2012

Potongan tempe terpanjang rekor MURI 2012

Lomba dan demo masak berbahan tempe, digelar meriah dengan mendatangkan Chef Harianto (Jakarta) dan Mr. Amita (Australia). Berbagai kreasi masakan berbahan tempepun disajikan, mulai dari minuman, puding, aneka makanan hingga makanan utama. Karena hanya berkunjung sejenak, berikut adalah gambaran selintasnya dan bagi saya yang tidak pandai memasak setiap peserta adalah pemenang tantangan ini.

Selamat berkreasi dengan tempe. 

Aneka puding tempe

Aneka puding tempe

Wedang Tempe

Wedang Tempe

Pancake Tempe

Pancake Tempe

es krim tempe

es krim tempe

enting tempe

enting tempe

steak tempe

steak tempe

 tempe tampil beda

tempe tampil beda

Serba cantik dari tempe

Serba cantik dari tempe

Donat, brownis, burger, pie tempe

Donat, brownis, burger, pie tempe

Iklan