Tag

, ,

Morning Glory Si Penceria Pagi

Morning glory di pagar kebun

Salah satu aktivitas pagi yang saya sukai adalah mengagumi kembang morning glory. Tanaman merambat dengan warna bunga warna-warni, salah satunya adalah warna ungu ke pink alias warna dekat dengan magenta. Si candy pink dari Ipomoea purpurea.

Melihat saya suka menikmati si morning glory di pagar kebun, sahabat kebun menantang, lha mbok ya mengambil biji tua dan menanam di pekarangan. Nggak ada alasan pekarangan mini, toh si morning glory juga tidak makan tempat.

Dasarnya saya, si emak suka tergoda rayuan kebun, hayook saja belajar menanam morning glory di pekarangan mini. Biji tua saya tanam di ember alas pot vertical rumah si sawi pakchoy. Menumpang hidup diantara sayuran. Senangnya saat biji tumbuh menghasilkan tanaman muda.

tanam biji dan tumbuh

Tak lama setelah tanaman muda belajar merambat, segera membaktikan diri dengan mempersembahkan kembang cantiknya. Kini aktivitas menikmati morning glory dapat dilakukan di pekarangan mini, pagi hari sambil menunggu gojek atau gocar yang akan membawa saya ke kebun.

Morning glory mekar di pagi hari

Oh ya untuk mengimbangi darma si morning glory, saya minta mbak Im di rumah memberi makan dengan pupuk NPK agar cukup energi untuk berbunga. Rajin sekali tanaman ini berbunga meski umur pajangnya sangat pendek.

morning glory menceriakan pagi

Pagi hari mekar penuh menceriakan pagi. Saat siang si bunga segera menggulung. Eh proses menggulungpun memberikan pemandangan apik loh hingga sore hari kembang melayu.

morning glory menggulung

Untuk meneruskan kehidupan, morning glory mempersembahkan buah yang mengandung bakal biji untuk benih kehidupan. Bentuk buahnya menarik, membulat dengan ujung meruncing.Buah muda menghijau, lalu menguning hingga mencokelat, biji mengeras siap untuk dipanen.

buah morning glory

buah mencokelat penanda tua

Duh mengapa tampilan dedaunan kembang morning glory di pagar tidak mulus? Begitu banyak lubang yang kalau diamati juga membentuk pola mozaik apik yang tidak pernah sama di setiap daun. Ooh tertangkap basah beberapa belalang menumpang hidup di tanaman morning glory. Tipe mulut menusuk menggigit mengunyahnya menimbulkan lubang.

morning glory dan belalang

Disemprot apa nih Ibu? Tanya mbak Im. Biarkan saja mbak, kasihan si belalang juga butuh makan. Paling tampilan kembang morning glory kita tidak prima.

morning glory berdaun bintik dimakan belalang

Sebutan kembang morning glory ini sangat umum. Mencakup lebih dari 1000 spesies dari banyak genera yang termasuk family Convolvulaceae. Keelokan bunganya membuat para pemulia atau breeder melakukan persilangan dan menghasilkan aneka kombinasi warna dan cerat bunganya.

tumbuh baru diantara Taiwan beauty

Nah meneruskan siklus kehidupan, kami menyebarkan biji tua kembang morning glory diantara rumpun Taiwan beauty di dasar pagar. Biar mereka saling membentuk komunitas masyarakat tanaman. Bersama menyemarakkan pekarangan mungil kami.

Secara etnobotani, morning glory terkenal di China Tiongkok sebagai tanaman obat. Sifat laksatif pada biji menjadi dasar pemanfaatannya. Begitupun di Jepang, morning glory menempati urutan bunga terhormat penanda perubahan musim. Beberapa varietas memiliki nama eksotik semisal Brocade of Dawn, Moon in the Dusk dan Wisteria Girl.

Tertarik menanam kembang morning glory? Tidak terlalu sulit koq.