Tag

, , ,

Pojok Budhe Tetangga Lebih Hijau

Kebun Tetangga lebih hijau

‘Budhe…..pinjam pojok hijaunya ya untuk model di kebun Rynari……’ Pepatah rumput tetangga terlihat lebih hijau sudah umum terdengar, lah ini pojok budhe tetangga lebih hijau. Pojok sangat mungil ukuran sekitar 1m x 1 m namun terlihat menawan diantaranya terlihat tanaman singkil, gedi tulang daun merah dan putih, daun Afrika, rumpun pandan wangi hingga empon-empon kunyit.

Pucuk tanaman gedi merah

Tanaman Gedi…. Budhe yang pyayi Yogyakarta-Poso suka sekali memasak dan berbagi masakan diantaranya masakan khas daerah. Daun Gedi (Abelmoschus manihot) salah satu komponen dalam pembuatan bubur Manado. Memberikan nuansa pengental nglitrek, yang khas pada bubur Manado. Sahabat lain kalau kesulitan mendapatkan daun gedi, menggunakan daun kangkung ataupun daun ketela rambat. Nah di pojokan Budhe ada 2 macam tanaman gedi yaitu bertulang daun merah dan bertulang daun putih. Penasaran dengan nama manihot yang tersemat, penanda daun gedi masih saudaraan dengan tanaman singkong si manihot dengan kesamaan daun menjari. Daun gedi ini kaya zat gizi dan aneka kegunaan kesehatan loh, banyak sekali pustaka penunjangnya.

Tanaman Gedi tulang daun merah dan putih

Tanaman Pandan Wangi. Dapur dan daun pandan selalu berdampingan, masak kolak ataun bubur kacang hijau tanpa pandan serasa ada yang kurang. Daun pandan juga menjadi komponen utama masakan ayam tangkap khas Aceh bersama daun salam koja. Daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) juga digunakan untuk pewarna makanan yang alami sekaligus harum. Kandungan gizi dan fungsinya sebagai obat herbal banyak diulas di berbagai media.

Tanaman pandan wangi

Rajangan halus daun pandan juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir bau kurang sedap dalam ruangan, ditaruh dalam wadah terbuka dan dibiarkan mengering menguarkan bau harum dan secara berkala diganti. Tanaman ini juga menjadi bagian dari reroncean acara sejak dari pengantin hingga acara kematian.

Serumpun Tanaman Kunyit. Masa kecil kami, secara berkala ibu nyekoki kami dengan perasan parutan kunyit dengan kapur atau enjet-kunir. Kini banyak bukti bahwa kunyit alias kunir (Curcuma longa Linn. sinonim Curcuma domestica Val.) adalah antibiotik alami, penunda kepikunan, mengandung bahan aktif curcumin. Aneka ramuan jamu dan bumbu masakan memerlukan secuil kunyit. Bahkan daunnya juga menjadi bumbu masakan ikan khas SumUt. Tanam kunyit di pekarangan yook, tak perlu lahan luas loh dalam polibag/pot juga bisa koq.

Tanaman kunyit

Tanaman Daun Afrika. Tanaman ini ngetrend sebagai tanaman obat yang dipopulerkan oleh para tabib Tiongkok. Sosok Tanaman daun Afrika (Vernonia amygdalina) menawan juga sebagai penghias pekarangan. Tetap ya sealami apapun bahannya perlu pendampingan ahlinya agar kemanfaatannya maksimal dan efek sampingnya diminimalkan.

Tanaman obat daun Afrika

Tanaman Singkil. Bebuas, beruas, buas-buas, ambong-ambong laut, pecah piring, singkil, atau limau pantai atau nama ilmiahnya Premna Spp, dijual di pasar sebagai sayur ulam. Suka sekali dengan tanaman ini. Wujudnya berupa perdu dengan bunga majemuk yang elok, tandan bunga yang mempersembahkan tandan dompolan buah berwarna hijau saat muda dan ungu tua saat menua. Sedap sekali untuk bumbu masak ikan berkuah bahkan juga untuk ayam. Secara berkala saya minta izin budhe untuk petik daunnya utuk masak ikan mau tuna, blanak, mujair maupun kembung dengan aroma segar asam ringan.

Tanaman singkil

Inilah Pojok Budhe Tetangga Lebih Hijau untuk para sahabat kebun Rynari. Berkebun yook….