Tag

, , , ,

ATjG: Andaleh, Limau Manih dan Karamuntiang

Mengunjungi padepokan Andaleh yang berada di Kanagarian Limau Manih di kawasan Bukik Karamuntiang menyimpan kesan yang tak terlupakan bagi urang kebun, menjadi bagian dari gelar ‘alam takambang jadikan guru’ (ATjG). Betapa urang Minang senantiasa belajar dan bersahabat dengan alam dalam kehidupan keseharian.

Andalas atau Andaleh
Padepokan papan atas ini menyandang nama tumbuhan Andalas yang merupakan flora identitas Provinsi Sumatera Barat. Tumbuhan Andalas yang memiliki nama ilmiah Morus macroura dengan nama daerah diantaranya Andaleh. Menyusuri kawasan padepokan yang sangat luas di tengah rinai hujan, Uda Al salah seorang Begawan padepokan menunjukkan: ”itulah sosok tumbuhan Andaleh” Penampilan tumbuhan andaleh ini sangat mirip dengan kerabatnya yaitu  murbei (Morus alba), sehingga tumbuhan andalas juga disebut sebagai Sumatra Mulberry. Untuk mengenal Andalas sebagai tanaman khas Sumatera Barat, Mas Alamendah menyediakan paparan lengkap.

Merespon semakin langkanya tumbuhan ini juga lekatnya kayu andaleh sebagai materi bangunan rumah adat daerah Minangkabau, warga padepokan inipun berkomitmen, sebagai penyandang nama andalas kami berupaya keras melestarikan tumbuhan ini agar tidak punah melalui aneka riset dan aksi” Selamat berkarya putra putri Andalas.

Andalas

Kampus Andalas berada di bukik dengan udara sejuk dan pemandangan yang sangat cantik

Limau manih

Limau manih

Limau Manih
Kanagarian Limau Manih berada di Kecamatan Pauh. Kata limau manih selain merujuk pada nama batu permata pastinya lekat dengan nama tanaman jeruk manis (Citrus sinensis). Dengan alam yang menunjang dan keberadaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika di Kabupaten Solok, mengandung harapan besar kebangkitan jeruk SumBar. Sehingga diharapkan pada saatnya jeruk asal Sumbar, Medan, siam Sambas, keprok Tawangmangu, Garut, Batu Malang maupun Soe menjadi raja di negeri sendiri.

Karamuntiang
Tumbuhan karamuntiang meliputi marga Rhodomyrtus, kosa kata karamunting lekat dengan daerah SumBar, Kalimantan maupun Malaysia. Penggunaan istilahnya sering dicampurkan dengan sikeduduk atau senduduk, senggani dari marga Melastoma. Penggunaan karamuntiang sebagai bioindikator, elemen taman maupun kini marak untuk ekstraksi senyawa aktif sebagai materi biofarmaka. Berikut adalah tampilan cantik karamuntiang di kebun Rumah Puisi di Padang Panjang.

Karamuntiang

Karamuntiang di kebun

Andaleh, limau manih dan karamuntiang bagian kekayaan negeri ……………

Iklan