Tag

, , , , , ,

Melintas Tiga Kali di Kaki Merapi

Merapi dari Kaliadem

Merapi dari Kaliadem

Menikmati kegagahan Aki Merapi dari dusun Kaliadem, Desa Kepuhharjo, Kecamatan Cangkringan terlihat jelas wajah bagian puncak. Saat dapur magma bergolak dan isi perut hendak dimuntahkan, ke mana arah aliran lahar. Mengikuti kaidah gravitasi, material  menggelontor ke bawah mengikuti jalur cekungan. Kali Gendol pilihan utamanya, kali ini begitu sering disebut dalam pemberitaan saat erupsi Merapi. Bersyukur sekali Mas Djoko, driver Willys dari jeep wisata Tlogo Putri yang memandu kami saat mengikuti keseruan off road lava tour salah satu wisata minat khusus, suka sekali memberikan penjelasan lapang.

Kali Gendol

Kali Gendol hulu

Kali Gendol hulu

“bagian ini adalah aliran lahar asli, belum ada kegiatan pengerukan/penambangan pasir, permukaan pasir masih sejajar dengan muka jalan” tampilan hulu Kali Gendol di dekat Kaliadem.

Kali Gendol-penambangan pasir

Kali Gendol-berkah penambangan pasir

Berikut adalah wajah kali Gendol di dusun Jambu, Desa Kepuhharjo, Kecamatan Cangkringan tepatnya di dekat titik wisata Batu wajah alias batu alihan atau batu alien. Jurang Kali Gendol yang curam, aktivitas truk di dasar kali yang sedang memuat pasir.

Jurang Kali Gendol

Jurang Kali Gendol dengan truk pasir di dasarnya

Jeep willys melintas lautan pasir, kerikil hingga bebatuan besar…bukan, ini bukan pemandangan di Bromo. Ini adalah perlintasan kali Gendol saat kami berkunjung ke Dusun Srunen, Desa Glagahharjo, Kecamatan Cangkringan tempat makam Mbah Maridjan.

Menyeberang Kali Gendol

Menyeberang Kali Gendol

Kali Gendol mengemban darma menampung dan mengalirkan muntahan lahar. Lahar dengan kedahsyatan bahaya sekaligus berkah tak terkira. Pasir Merapi yang kaya dengan kandungan kuarsa silikat yang memiliki daya rekat yang kuat menjadi primadona bahan bangunan.

Kali Gendol dari Kaliadem, Jambu dan Srunen

Kali Gendol dari Kaliadem, Jambu dan Srunen

Sebutan kali Gendol berakhir saat alirannya bersatu dengan Kali Opak yang mengantar pertemuan material G. Merapi kepada pasangannya Laut Kidul, Samudera Indonesia

Kali Opak

Mengintip Merapi dari Kali Opak hulu

Mengintip Merapi dari Kali Opak hulu

Kali Opak dan G. Merapi, selama ini saya lebih mengenal kali Opak yang mengalir di sebelah Barat Candi Prambanan menuju Kabupaten Bantul, saat kali Opak menemui muaranya menuju Samudera Indonesia. [Kali Opak yang merekat ingatan Gendhuk Duku, Lusi Lindri  dan Rara Mendut, trilogi karya budayawan YB Mangunwijaya]

Kali Opak hulu

Kali Opak hulu

Melintasi hulu kali Opak yang belum terlalu lebar, menengok ke atas terlihat Merapi menjulang, saat kami melewati hampir tidak terlihat aliran air di bulan Maret 2017. Kali Opak memiliki beberapa anak sungai diantaranya Kali Gendol dan Kali Kuning.

Kali Kuning

Kali Kuning

Kali Kuning

Kali ini merupakan primadona bagi penikmat off road lava tour Merapi, karena penumpang jeep akan menikmati saat seseruan guyuran. [semoga bisa menyajikan pada postingan berikutnya] Melintas di perbatasan Barat Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Aliran sungai jernih di bebatuan bepasir. Sebutan kali Kuning berakhir saat alirannya bersatu dengan Kali Opak. Inilah pengalaman melintas tiga kali trio GOK (Gendol, Opak dan Kuning) di kaki G. Merapi.

Iklan