Tag

, , , ,

Teduhnya  Pohon Bodhi

Pohon Bodhi di Vihara Watu Gong

Pohon Bodhi di Vihara Watu Gong

Sosoknya  tinggi sekaligus besar melebar, berdiri anggun di depan pagoda Avalokitesvara, Vihara Buddhagaya Watu Gong, Semarang. 

Percabangan bawah pohon bodhi di Vihara Watu Gong

Percabangan bawah pohon bodhi di Vihara Watu Gong

Mengamati percabangan bawahnya, betapa elok…meliuk hampir mendatar seolah membentuk payung tempat bernaung. Tak heran bila Sang Sidharta Gautama bertahan bertekun bersemadi di bawahnya di kota Bodh Gaya, India hingga menerima pencerahan atau Bodhi dan kemudian menjadi panutan rohani sebagai Gautama Buddha. Sebagai perekatnya pohon ini dinamai dengan pohon Bodhi alias sacred fig, dikenal pula sebagai pohon Bo, dengan nama ilmiah Ficus religiosa. Dapat dijumpai pada hampir seluruh bangunan keagamaan Budha, semisal di Candi Borobudur, Vihara Buddhagaya Watu Gong.

Daun tumbuhan bodhi, hati meruncing

Daun bodhi

Mari tengok daunnya. Tanaman yang selalu menghijau ini memiliki daun dengan bentuk yang unik yaitu hati yang ujungnya seolah berekor panjang, hati yang semakin meruncing lurus, kedalaman tiada batas.

Dari tangkainya, buah lebat melekat….aneka ukuran, aneka tingkat kematangan. Wujud buahnya mirip dengan buah Ara atau buah Tin saudaranya sesama kelompok fig.

Buah tumbuhan bodhi

Buah tumbuhan bodhi

Menikmati semilir angin di keteduhan pohon Bodhi menetes setitik pencerahan keteladanan, hidup harus berbuah seberapapun ukurannya, buah yang ditopang oleh daun hati yang meruncing hasil tempaan ‘mesu ati’ mengasah hati, dahan yang mengepak melebar memberi kesejukan sesiapa tanpa memandang rupa seraya puncak pohon tetap bertumbuh ke atas mengarah ke sang surya sumber energi kehidupan utama.

Tumbuhan bodhi merah meruah

Tumbuhan bodhi merah meruah

Apalagi sambil menikmati keagungan bangunan Pagoda Avalokitesvara yang bertingkat tujuh ini, yang arsitekturanya mengingatkan pada Temple of Heaven di pesona Negeri Tirai Bambu, mau singgah sejenak…..

Pagoda Avalokitesvara berbingkai ranting bodhi

Pagoda Avalokitesvara berbingkai ranting bodhi